INTERNALISASI NILAI-NILAI KEISLAMAN DENGAN METODE PEMBIASAAN PADA SISWA SDN 6 PULAU MAYA

Hendra Wahyudin

Sari


Sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 ditegaskan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan memiliki kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik kurang memahami fungsi agama dalam kehidupan sehari-hari, beberapa peserta didik sudah menjalankan ajaran Rosulluah SAW dengan baik, ada juga peserta dididk yang sudah mengetahui namun tidak mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi mengesampingkan sesuatu yang berkaitan dengan sosial keagamaan, untuk dapat mengimplementasikan masalah nilai-nilai keislaman. Internalisasi Nilai-nilai Keislaman pada siswa melalui Metode Pembiasaan diharapkan dapat menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dengan baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi Nilai-nilai keislaman pada siswa dengan metode pembiasaan di SDN 6 Pualau Maya adalah sebagai berikut: a) Sholat duhur berjama‟ah, b). Sholat duha, c). Berjabat tangan dan mengucap salam, d) Tadarus sebelum pembelajaran dimulai, e) membaca Do‟a sebelum dan sesudah belajar dan f) Pengumpulan dana sosial. pembiasaan yang diterapkan sebagai upaya untuk menginternalisasikan nilai-nilai ajaran keislaman di SDN 6 Pulau Maya baru sampai tahap transaksi nilai sehingga perlu upaya lain agar mencapai tahap transinternalisasi nilai. Dimana nilai-nilai keislaman benar-benar terinternalisasi dengan baik sehingga menadi motivasi dalam bertindak dan sebagai pengontrol diri pengaruh negatif yang masuk.


Referensi


Sutarjo Adisusilo.2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Cet. Ke-1

Muhammad Daud Ali.1998. Pendidikan Agama Islam. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada Cet. Ke-1

Muhammad Alim.2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya. Cet. Ke-2

Arifin HM 1991. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. Cet. Ke-5 Moh. Hasyim Colil, .Filsafat Pendidikan Islam.

Hasyim Hasanah, 2013. Pengantar Studi Islam. Yogyakarta Ombak (Anggota IKPI)

Khoiriyah. 2012. Sosiologi Pendidikan Islam. Teras Perum Polri Gowok Blok D3 No.200.Cet. Ke-1

Abdul Majid, dkk. 2012. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.Cet. Ke-1

Marzuki. 2012. Pendidikan Agama Islam. Ombak (Anggota IKPI)

Abudin Nata.2012. Metodologo Studi Islam. Cet.19. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

. 2010. Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenanda Media Grup.

Jalaludin Rahmat. 2000. Pesikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Azwar Saifuddin 2002, Sikap Manusia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moh Haitami Salim, dkk. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Sutrisno, dkk. 2012. Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Yulianti Zakiyah, Qiqi. 2012. Pendidikan Nilai. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cet. Ke 1


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##