PENERAPAN METODE KONSELING INDIVIDU GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DALAM KEGIATAN BIMBINGAN KONSELING

Wira Miharja

Sari


Peneliti  ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan konseling dalam konseling individu pada siswa kelas  Xl IPS SMA Negeri 2 Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Penelitian ini di dasarkan pada kenyataan bahwa kemampuan pemahaman siswa terhadap layanan bimbingan belajar masih rendah. Padahal dengan dikuasainya materi ini pada umum siswa tidak mengalami kesulitan untuk mempelajari mata pelajaran lainya, peneliti ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan April 2019. Berdasarkan hasil proses peneliti, disampulkan bahwa siswa kelas Xl IPS SMA Negeri 2 Sungai Raya sangat antusisas dan termotivasi dalam mengikuti layanan bimbingan, dan prestasi mereka juga meningkat.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


BSNP. (2006), peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas Kertina, S. 2013.

Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) sebagai salah satu strategi Membangun pengetahuan siswa. (Online) http://www.sd-bina talenta.com/arsip artikel/artikel_ina.pdf.diakses tgl 27 Desember 2013.

Kompasianan.2013.Karakterisik Pembelajaran Kooperatif. (Online) edukasi. kompasianan.com /.../ karakteristik-pembelajaran. diakses tgl 27 Desember 2013.

Goleman, Daniel, Emitional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EQ Lebih Penting dari pada IQ, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Tabrani Rusyan, pendekatan dalam proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##