ANALISIS DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MASA PANDEMI COVID -19 DI SMP NEGERI 2 HULU GURUNG

Abdul Jihad, Eli Trisnowati, Hastiani Hastiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1.) Gambaran disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu GurungKabupaten Kapuas Hulu. (2.) Peranan guru BK dalam disiplin belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. (3.) Upaya yang sudah di lakukan guru Bimbingan dan Konselingkelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu. Metode yang digunakan dalam penelitian  adalah metode dkualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (a.) Teknik observasi langsung (b.)Tekniko bservasi tidak langsung (c.) Teknik komunikasi langsung (d.) Teknik komunikasi tidak langsung (e.) Teknik studi documenter (f.) Teknik pengukuran. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisa data Untuk menganalisis data yang di peroleh dari angket siswa menggunakan perhitungan secara rumus ststistik. Hasil analisis angket menunjukkan, memperoleh skor aktual 4.584 dari skor ideal 5.160 atau 88%. Berdasarkan data tersebut, gambaran disiplin belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Hulu Gurung termasuk dalam kategori “Baik”. Penyusunan program diambil dari hasil panduan wawancara kepada guru bimbingan dan konseling. Dalam upaya yang di lakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah memberikan sebuah bantuan terhadap siswa yang mengalami masalah disiplin belajar, dengan membuat sebuah layanan informasi dan layanan bimbingan kelompok. Memberikan bantuan terhadap siswanya yang memiliki masalah, memberikan teguran dan nasehat, memberikan hukuman kepada siswa ketika siswanya.

 


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatid Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Prop. Dr. Sugiono, Msi (2011) Manajemen Bimbingan Dan Koonseling Di Sekolah Hal. Semarang : Penerbit Widya Karya. Hal. 49

Natawidjaja (2012). Manfaat Bimbingan Dan Konseling. Www.Wordpress.Com

Nawawi, H. (2012.). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Arikunto,S. (2014). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Prop. Dr. Sugiono, Msi (2011) Manajemen Bimbingan Dan Koonseling Di Sekolah Hal. Semarang: Penerbit Widya Karya. Hal. 49.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##