ANALISIS KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDING

Rian Saputra, Amelia Atika, Ema Sukmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecanduan game online terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siding. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik: 1) teknik komunikasi langsung, 2) teknik komunikasi tidak langsung dan 3) dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah 1) panduan wawancara dan 2) angket. Penelitian ini dilakukan dikelas VII SMP Negeri 3 Siding drngan jumlah subyek penelitian 26 orang siswa. Melihat gambaran kecanduan game online terhadap siswa maka diberikan lembar angket yang akan di isi oleh siswa. Penelitian terdapat hasil persentase peraspek yakni, aspek kesehatan berjumlah 53% dengan kategori sedang, aspek psikologi berjumlah 57% dengan kategori sedang, aspek akademik dengan jumlah 46% dengan kategori sedang, aspek social dengan jumlah 48% dengan kategori sedang dan aspek keuangan dengan jumlah 46% dengan kategori sedang. Hasil persentase nilai keseluruhan kecanduan game online terhadap siswa mencapai jumlah 50% dengan kategori sedang. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa kecanduan game online terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 3 Siding tergolong dalam kategori sedang.

 

Kata Kunci: Kecanduan game online

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Ach Fauzi. (Vol. II. No. 1 June 2019). Pengaruh Game online Pubg (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.

Arif Sutikno, Yudhistiro P. W. (Vol 4, Number 1, Januari 2020). Pengaruh Game online Pubg Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Pti Fkip Unisri.

Drajat Edy Kurniawan. (Vol. 3 No. 1 Januari-Juni 2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Pgri Yogyakarta.

Devita Rani, Effiati Juliana Hasibuan, Rehia K. Isabela Barus. (Vol 7, No 1, Tahun 2018, Hal 6-12). Dampak Game online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa.

Emria Fitri, Lira Erwinda, Ifdil Ifdil (No 3, November 2018, Hal 211-219). Konsep Adiksi Game online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling.

Eryzal Novrialdy( Vol 27, No. 2, 2019, Hal 148 – 158).Kecanduan Game online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya.

Hazran Milatillah (Vol. 3, No. 1, January 2019). Rasional Emotiv Behavior Therapy (REB) untuk Mereduksi Kecanduan Game online Pada Peserta Didik SMP.

Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung:A1fabeta, CV.

Irpan Ali Rahman, Dini Ariani, Nurul Ulfah. (Vol.5 No.2 July – Desember 2022). Tingkat Kecanduan Game online Pada Remaja.

Jubaidah Hasibuan. Aisyah Anggreni, (Vol. 3 No. 1, Juni 2022. Hal: 20 -28). Fenomena Kecanduan Game online Pada Remaja di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe.

Kevin Rahman Maulana, Amalia Rahmandani. ( Vol 8, No 3, halaman 153-157 ). Hubungan Antara Kecanduan Game online Dengankecemasan Akademik Pada Mahasiswa Pemain Game online Di Game Center Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Maurice Andrew Suplig. (Vol. 15, No. 2, Oktober 2017). Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar.

Marsanda Claudia Paremeswara1, Triana Lestari. (Volume 5Nomor 1 Tahun 2021, Halaman 1473-1481). Pengaruh Game onlineTerhadap Perkembangan Emosidan SosialAnak Sekolah Dasar.

Nada Kurnada, Rossi Iskandar(Vol 5, No 6, 2021 Hal 5660 – 5670). Analisis Tingkat Kecanduan Bermain Game online terhadap Siswa Sekolah Dasar.

Nela Sari Yolanda, Yessy Marzona (Vol 1, No 1, November 2020). Validitas Angket Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecanduan Game online Pada Siswa SMA Swasta Se-Kota Padang.

Nisrinafatin. (Vol 1, No 1, Tahun 2020). Pengaruh Game online Terhadap Motivasi Belajar Siswa.

Rahyuni, Muhammad Yunus, Sundari Hamid. ( Vol 1, No 2, Tahun 2021). Pengaruh Game online Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa SD Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo.

Siti Maisyaroh, Taslim, Afriansyah (Vol 1.No.1 2020 Hal 251-257).Analisis Pengaruh Kecanduan Game online Terhadap Perilaku Siswa SMPN Pekanbaru.

Sri Wahyuni, (Vol 4, No 1, Tahun 2017, Hal 28 – 40). Peran Guru Dalam Mengatasi Kecanduan Game online.

Sri Lutfiwat, (Volume 1, No. 1, Desember 2018). Memahami Kecanduan Game online Melalui Pendekatan Neurobiologi.

Sugiyono.(2016). Metode Penelilian Pendidikan (Pendekatan KuanlitalfKualitalyf dan R&D).Bandung:A1fabeta, CV.

Sugiyono.(20113). Metode Penelilian Pendidikan (Pendekatan KuanlitalfKualitalyf dan R&D).Bandung:A1fabeta, CV.

Sugiyono, (2017). Metode Penelilian Pendidikan (Pendekatan Kualitatifdan R&D).Bandung:A1fabeta, CV.

Sukron Habibi H, Zaka H.R. ( Vol 5, No 3, Tahun 2021 Halaman 1304 – 1311). Dampak Game online Free Fire terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Yohanes R.D.S, Jusuf T. P. (Vol. IV, No. 1, Januari-Juni 2017 Halaman: 027-044). Hubungan Kecanduan Game online Terhadap Penyesuaian Sosial Pada Remaja.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##