UPAYA MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MODEL ROLE PLAYING

Desi Kristina Dewi, Eli Trisnowati, Galuh Hartinah

Sari


Tujuan penelitian untuk memperoleh informasi secara objektif tentang 1) Gambaran sikap sopan santun siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan model role playing pada siswa kelas X Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Utama Sosok. 2) Pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan model role playing untuk meningkatkan sikap sopan santun pada siswa kelas X Pemasaran  di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Utama Sosok. 3) Adanya peningkatan sikap sopan santun siswa terhadap layanan bimbingan kelompok dengan model role playing. Jenis penelitian ini yaitu PTKBK, sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman observasi, panduan wawancara, skala psikologi dan dokumentasi. Variabel  yang diteliti yaitu rendahnya sikap sopan santun, dengan aspek 1) Tata Krama Bergaul dengan Guru di Sekolah. 2) Tata Krama Bergaul dengan Orang yang Lebih Tua. 3) Tata Krama Bergaul dengan Teman Sebaya. 4) Tata Krama Bergaul dengan Lawan Jenis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran SMK Bina Utama Sosok Kabupaten Sanggau yang terdiri dari 9 orang siswa. Hasil penelitian di peroleh bahwa layanan bimbingan kelompok dengan model role playing dapat meningkatkan sikap sopan santun siswa kelas X Pemasaran SMK Bina Utama Sosok Kabupaten Sanggau.

 

Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Bimbingan Kelompok, Role Playing


Referensi


Antoro, DS. (2010). “Pembudayaan Sikap Sopan Santun di Rumah dan di Sekolah”. Jurnal Pendidikan Yogyakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, S. (2010). “Prosedur Penelitian”. Jakarta PT Rineka Cipta.

Darynto dan Suryti Darmaitun, 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta : Gava Media.

Diren Oktarina (2017) “Persepsi Guru Tentang Menurunnya Adab Sopan Santun Siswa kepada Guru Sekolah Menengah Pertama PGRI 6 Bandar Lampung”. e-jurnalmitrapendidikan.com

Djuwita, P. (2017). “Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik”. Jurnal Ilmiah PGSD Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Hadari Nawawi. (2014). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hanurawan, F.(2010). Psikologi sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hertinah (2009). Layanan Bimbingan Kelompok. Bandung : Alfa Betha.

Hidayat Rahmat Dede & Badrujaman Aip. (2011). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Ifdhil (2008). Layanan Bimbinga√n Kelompok. Jakarta : Rineka Cipta.

Kamaruzzaman. (2016: 17-19). “Bimbingan dan Konseling”. Pontianak: PustakaRumah Aloy.

Pedoman Operasional. (2018). “Panduan Penulisan Desain dan skripsi, Tata Tulis”IKIP PGRI Pontianak.

Prayitno. (1995). Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok (Dasar Dan Profil). Padang. Ghalia Indonesia

Rusmini. (2012). Peran Guru Dalam Menanamkan Karakter Sopan Santun Di SDN Teluk Dalam 12 Banjarmasin. Banjarmasin.

Sugiyono. (2009). “Metode Penelitian Kualitatif, K

uantitatif RAD”. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. (2014). MetodePenelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

(sumber:http://penyimpanganperilakusiswadisekolahcom).

Suharti. (2004). Pendidikan Sopan Santun Dan Kaitannya Dengan Berbahasa Jawa, (Yogyakarta: Diksi Vol 11 No 1, 2004)

Suryani, L. (2017). “Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara Dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok”. E-jurnal Mitra Pendidikan.com, Vol. 1, No. 1, Universitas Karangjati.

Tim Penyusunan Kamus Binaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta : Balai Pustaka)

Tomahayu Sulastri. (2013). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Bermain Peran Terhadap Perilaku Sopan Santun Siswa Di MTs Al-Huda Teluk. Gorontalo. (Universitas Negeri Gorontalo).

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Zakaria, I. (2016). “Penanaman Sikap Sopan Santun Melalui Keteladanan Guru”. Dalam Jurnal Pendidikan, Vol 02 N0 04. Universitas Negri Surabaya.

http://id.wikipedia.org/wiki/Norma-sopan-santun.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##