ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU

Brigita Vera, Kamaruzzaman zaman, Hendra Sulistiawan

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nilai-nilai karakter pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kapuas Hulu. Dengan menggunakan metode deskriptif  kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat berjumlah 27 sampel. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan umum yaitu untuk mengetahui nilai-nilai karakter pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini yaitu a. Untuk mengetahui nilai karakter religius pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, b. Untuk mengetahui nilai karakter nasionalis pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, c. Untuk mengetahui nilai karakter mandiri pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, d. Untuk mengetahui nilai karakter Gotong royong pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu, e. Untuk mengetahui nilai karakter integritas pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kabupaten Kapuas Hulu. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan analisis nilai-nilai karakter pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu termasuk dalam kategori “Baik’.

 

Kata kunci: Nilai-nilai karakter siswa

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF (English)

Referensi


Abdul Hamid, Riswan Jaenudin, Dewi Koryati. “Analisis Nilai-nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 2 Tanjung Raja.” Jurnal Profit Vol. 5, No. 1. (2018).

Anif Istianah, Sukron Mazid, Sholihun Hakim. “Integrasi Nilai-nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Gatra Nusantara (2021).

Asarina Jehan Juliani, Adolf Bastian. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mewujudkan Pelajar Pancasila.” Jurnal Univ PGRI Palembang (2021).

Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti, Nurtanio Agus Purwanto. “Pengembangan Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan.” Jurnal Pendidikan (2017).

Kusnoto, Yuver. “Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Sosial Vol. 4, No. 2 (2017).

Mardikarini Sasi, Suwarjo. “Analisis Muatan Nilai-nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter (2016).

Mohamad Mustari, Ph.D. (2014). Nilai-nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Nasution, Suri Wahyuni. “Prosiding Pendidikan Dasar Assesment Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Journal Mahesacenter Vol. 1 (2021).

Panayo, Yatim Riyanto, Warih Handayaningrum. “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Islamic Education (2019).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Racmadyanti, Putri. “Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal.” JPSD Vol. 3, No. 2 (2017).

Rustam, S. K. K. S. H. S. S., (2020). Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan, 2 ed. Pontianak: Ikip Pgri Pontianak Press Anggota IKAPI.

Thomy Sastra Atmaja, Jagad Aditiya Dewantara, Bambang Budi Utomo. “Penguatatan Pendidikan Karakter Berbasis Sekolah Menengah Atas (SMA) Perbatasan Entikong Kalimantan Barat.” Jurnal Basicedu (2020).

Witarsa, Rahmat Rahyana. (2021). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung, Yrama Widya.

Zafirah, Afifah, Fardatil Aini Agusti, Engkizar, Faudy Anwar, A. Fajri Alvi. “Penanaman Nilai-nilai Karakter Terhadap Peserta Didik Melalui Permainan Congkak Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Karakter (2018).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##