LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA KELAS X SMK LKIA PONTIANAK

Juniarti Juniarti, Amelia Atika, Tri Mega Ralasari

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di masa pandemi Covid-19 siswa kelas X sekolah menengah kejuruan LKIA Pontianak. Namun dalam penelitian ini berfokus pada pelaksanaan layanan orientasi, layanan informasi dan home visit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan menggunakan bentuk penelitian studi survey dengan sampel siswa pada kelas X Akutansi dan Keuangan Lembaga. Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung, dan dokumenter. Dari hasil dan pembahasan pada penelitian ini, pelaksanaan layanan orientasi pada masa pandemi covid-19 sekolah LKIA melaksanankan layanan orientasi secara daring dengan menggunakan alat media seperti handphone dan labtop dengan menggunakan aplikasi power point yang dibagikan melalui WhatsApp untuk melaksanakan kegiatan layanan orientasi selama dimasa pandemi covid-19, pelaksanaan layanan informasi berupa situasi dan kondisi disekolah selama masa pandemi covid-19, dan aktivitas pembelajaran selama pandemi covid-19 kepada siswa yang berisi tentang aktifitas guru selama pembelajaran, dan pelaksanaan Home Visit atau berkunjung kerumah siswa yang bermasalah adapun kasus yang ditangani guru bimbingan dan konseling selama masa pandemi covid-19 klien ada tiga kasus yang ditanggani oleh guru bimbingan dan konseling yaitu siswa berinisial JC, RC, dan SY.

 

Kata kunci: Layanan BK, Covid-19


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal LAMPUHYANG.

Depdiknas (2016). Permendikbud No.23 tahun 2016. In NO. 23 Tahun 2016. https://doi.org/http://dx.doi.

Dian Ratu Ayu Uswatun Khasanah, Hascaryo Pramudibyanto, Barokah Widuroyeksi (2020). Pendidikan Dalam Masa Covid-19. Semarang. Jurnal Sinestesia. http://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/download/44/6.

Handayani, P. G. & Hidayat, H. (2017). Pentingnya pelaksanaan Home Visit oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Jamboree Konselor

Nanda Alfan Kurniawan (2020). Profesionalitas Konselor selama Pandemi Covid-19. Malang.

Prayitno. (2012) Seri Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang : Pendidikan Profesi Konselor

Raden Fatah (2014). Pengertian Home Visit. Jakarta

http://repository.radenfatah.ac.id

Ramlan (2018). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jakarta. Jurnal Al-Mau’Izhah volume 1 nomor 1 September 2018.

Richman Hidayati (2015). Layanan informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling Gusjigang: FKIP Universitas Maria Kudus

Rustam, Kamaruzzaman, Hendra Sulistiawati, (2019-2020). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Pontianak. Ikip Pgri Pontianak Press.

Sri Rezki Anrian, Hasanuddin, A. Syam Paswah Alam. (2021). Strategi Kolaboratif Dalam Manajemen Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Psikologi. http://journal.stkipmuhammadiyahbarru.ac.id/index.php/jubikops/article/download/14/25.

Sugiyono (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sumadi Suryabrata (2010) Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Tri Mega Ralasari S, Eli Trisnowati. (2020). Bimbingan dan Konseling Profesi dalam Layanan Integratif. Pontianak.

Tri Mega Ralasari S, Fransiska Ria Lia Tarigas. (2017). Jurnal Sosial Horizon: Program Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Potensi Diri Siswa. IKIP PGRI Pontianak .

Vani Dwi Putri. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam. IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Yane Tri Widia (2019). Manajemen bimbingan konseling di sekolah. Padang.

Zuldafrial (2012). Metodologi Penelitian. Bandung http://repository.uinsu.ac.id/145/6/BAB%20III.pdf

Zuldafrial (2012). Penelitian kualitatif. Yogyakarta: Media Perkasa

Zuldafrial (2010). Metodologi Penelitian. Bandung http://repository.uinsu.ac.id/145/6/BAB%20III.pdf


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##