ANALISIS NILAI-NILAI TRADISI ANGKAT JERMAL DALAM BIMBINGAN KONSELING DIKAWASAN DANAU LINDUNG EMPANGAU

Toni Julio, Amelia Atika, Galuh Hartinah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui tahapan-tahapan yang dilalui dalam tradisi angkat jermal (Panen Raya) di kawasan danau lindung Empangau Desa Empangau Kecamatan Bunut Hilir Kabupaten Kapuas Hulu; (2) Nilai-nilai apa saja yang terdapat dalam tradisi angkat jermal (Panen Raya) dikawasan danau lindung Empangau Desa Empangau, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu; (3) Bagaimana implikasi nilai-nilai radisi angkat jermal (Panen Raya) dalam bimbingan konseling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data (1) observasi langsung; (2) teknik komunikasi langsung, (3) dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini tahapan yang dilalui dalam tradisi angkat jermal yaitu tahapan sebelum tradisi angkat jermal, tahapan pelaksanaan tradisi angkat jermal, dan tahapan sesudah tradisi angkat jermal. Nilai-nilai yang terkandung didalam tradisi angkat jermal yaitu nilai kebersamaan, nilai keterbukaan/tanggung jawab, dan nilai kekeluargaan. Implikasi nilai-nilai tradisi angkat jermal dalam bimbingan konseling yaitu nilai kebersamaan diimplikasikan kedalam layanan bimbingan kelompok, nilai keterbukaan/tanggung jawab dimplikasikan kedalam layanan konseling kelompok, dan nilai kekeluargaan diimplikasikan dalam bimbingan keluarga.

 

Kata kunci: Nilai-Nilai Tradisi Angkat Jermal

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Annisa Rosdah, (2017), Kearifan Lokal Masyarakat Desa Sialang Jaya Dalam Tradisi Lubuk Larangan Di Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jom fisip vol 4.

Batubara, Santy Mayda. "Kearifan Lokal Dalam Budaya Daerah Kalimantan Barat (Etnis Melayu Dan Dayak)." Jurnal Penelitian IPTEKS 2.1 (2017).

Nana Darna, E. H. (2018). Memilih Metode Penelitian Yang Tepat Bagi Penelitian Bidang Ilmu Manajemen. ilmu manajemen.

Nurviyanti cholid, (2019), Nilai Moral Dalam Kearifan Lokal Budaya Melayu Bangka Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling Masyarakat.journal hasil penelitian vol 4

Panjaitan, dkk. "Pelestarian Nilai-Nilai Civic Culture dalam Memperkuat Identitas Budaya Masyarakat: Makna Simbolik Ulos dalam Pelaksanaan Perkawinan Masyarakat Batak Toba di Sitorang." Journal of Urban Society's Arts 3.2 (2016): 64-72.

Ratih, dkk."nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi misalin di kecamatan cimaragas kabupaten ciamis”. ISTORIA: jurnal pendidikan dan sejarah 15.1 (2019).

Rivaie, dkk. Asimilasi Nilai Kekeluargaan Lintas Etnik. Jurnal Ilmiah Visi 6.1 (2011): 93-105


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##