ANALISIS PERILAKU KEDISIPLINAN SISWA SELAMA PEMBELAJARAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU SMP NEGERI 21 PONTIANAK

Fani Fani, Rustam Rustam, Novi Andriati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui gambaran perilaku kedisiplinan kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak. metode deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat berjumlah 67 sampel. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khsusus yang dibagi menjadi yang di bagi menjadi 4 bagian yaitu sebagai berikut: a. Kedisiplinan dalam Menerima Pembelajaran Selama Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak b. Bagaimana Kedisiplinan dalam Menyelesaikan Tugas Selama Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak. c. Kedisiplinan dalam Mengikuti Tata Tertib Selama Adaptasi Kebiasaan Baru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak d. Kedisiplinan dalam Mengikuti Kegiatan Selama Adaptasi Kebiasaan Barudi Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontianak. Hasil penelitian yang telah di laksanakan perilaku kedisiplinan siswa selama pembelajaran adaptasi kebiasaan baru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 21 Pontinak termasuk dalam kategori “baik”.

 

Kata kunci: Perilaku kedisiplinan, adaptasi, kebiasaan baru


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Agus. 2012. “Pengertian dan Bentuk Kedisiplinan di Sekolah”. (Online)

Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar (Sd) Negeri Cot Keu Eung Kabupaten Aceh Besar (Studi Kasus). Journal of Education Science, 5 (2),

Amiyanda, W., Zakso, A., & Rustiyarso, R. Adaptasi Sosial Siswa Baru Dalam Memantuhi Norma Kedisiplinan Di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1).

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arzaq, A. M., Fatimah, S., & Murtopo, B. A. (2022). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Metode Reward And Punishment Pada Pembelajaran Fikih Di Mts Sarbini Alian.

Atheva, Abi. 2007. Perilaku Baik Sehari-Hari. Semarang: CV Aneka Ilmu.

Chandra, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua Dan Iklim Sekolah Dengan Disiplin Pada Siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara, 1(1),

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Ernawati, E. (2018). Pengaruh pembiasaan Shalat Zuhur Berjemaah terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP PGRI 2 Somagede Kabupaten Bangkayang (Doctoral dissertation,IAIAN).

Ernawati, I. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadadi Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1),

Fieka Nurul Arifa. 2020. Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam MasaDarurat Covid 19.

Handayani,L (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus.

Hendrastomo, Grendi.2008. Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-learning.

Hilmi Mubarok Putra, Deka Setianwan, Nur Fajrie (2020). Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas.

Magdalena, I., Ulfah, M., & Nikmah, S. Z. (2020). Pembelajaran antara Minat Membaca dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Karolina. AS-SABIQUN, 2(2),

Marijan. 2016. Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Media. . 2017. Metode Pendidikan Anak Membangun Karakter Anak yang Berbudi Mulia, Cerdas dan Berprestasi. Yogyakarta: Tim Sabda Medi

Munawaroh, Siti. 2016. Perilaku Disiplin dan Kejujuran Generasi Muda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: BPNP

Nasroh, I., Budjang, G., & Imran, I. Pengaruh Interaksi Edukatif Guru Dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di Kelasa XII IIS Sama Kemala Bhayangkari. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).

Prayitno & Amti, E. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling: Jilid 1. Jakarta: Rineka Cipta.

Prijodarminto. 2004. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita

Rachmawati, Tutik. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media.

Rohman,F.(2018). Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa Di Sekolah/Madrasah. Jurnal Pendidikan Islam.

Risnaeni Chasanah. (2014). Pendidikan Karakter Melalui Percobaan Sains Sederhana untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kreasi Wacana Offset.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta,Rajawali Pers.

Sari, I. K., Nasution, L., & Wijaya, C. (2019). Integrasi pendidikan nilai dalam membangun karakter siswa di sekolah dasar jampalan kecamatan simpang empat kabupaten asahan provinsi sumatera utara. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1),

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.

Soegeng, P. (2004). Disiplin menuju sukses. Jakarta: PT Pradinya Paramita.Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprayekti. (2003). Kendala Anak Menciptakan Sikap Disiplin.Bandung Alfabeta.

Suryadi, Kadarsah, dan Muhammad Ali Ramdhani. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sutirna, H. (2013). Perkembangan dan Pertumbuhan Peserta Didik. Yoqyakarta: andi.

Syamsudin, A. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untk Guru. Jakarta: Pustaka Jaya.

Tu’u, Tulus, (2004). Peran Disiplin pada perilaku dan prestasi Siswa. Jakaeta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ulil Hida, A. (2019). Pengaruh kualitas kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepribadian dan kedisiplinan siswa d Mts. Matholiul huda bakalan kecamatan dukuhseti kabupaten pati tahun 2017/2018 (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Utami, V., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2017). Hubungan Antara Disiplin dalam Keluarga dengan Disiplin Diri Siswa di Sekolah.

Yurianto, A. (2020). “Buku Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru”. Jakarta: Kementrian kesehatan RI

Zainuddin, Z. (2019). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##