ANALISIS PEMAHAMAN PEMILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG

Hendro Handoko, Martin Martin, Riki Maulana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pemilihan studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpul data yang digunakan: 1) Teknik komunikasi langsung 2) Teknik komunikasi tidak langsung. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah 1) Panduan wawancara 2) Skala psikologis. Penelitian ini dilakukan di kelas IX SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang dengan jumlah subyek penelitian 45 orang siswa. Untuk melihat gambaran pemahaman pemilihan studi lanjut siswa maka akan diberikan lembar skala psikologis yang akan diisi oleh siswa. Dari hasil penelitian terdapat hasil presentase peraspek, yakni aspek pemahaman langkah-langkah memilih studi lanjut berjumlah 75%, sedangkan aspek faktor-faktor pemahaman dalam pemilihan studi lanjut berjumlah 64%. Hal tersebut tergolong dalam kategori baik. Hasil presentase nilai keseluruhan sopan santun mencapai jumlah sebesar 76% dengan kategori baik. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman pemilihan studi lanjut siswa di SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tergolong dalam kategori baik.

 


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bloom, Benyamin (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta.

Cahyo Purnomo (2014) Judul Penelitian “Meningkatkan pemahaman studi lanjut melalui metode debat aktif dalam layanan bimbingan kelompok”.

Damiati, dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: Rajawali Pres.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Pendidikan. Vol 1, No 1, Hal 5.

Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan

dan Konseling. Pontianak : Pustaka rumah aloy

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik Indonesia Nomor 39Tahun 2008 Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##