STUDI KASUS TENTANG RASA PERCAYA DIRI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JONGKAT

Maulidiya Maulidiya, Novi Wahyu Hidayati, Hendra Sulistiawan

Sari


: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 jongkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data (1) DCM; (2) Sosiometri; (3) Angket kepercayaan diri; (4) wawancara; (5) dokumentasi. Berdasarkan hasil intrumen yang telah disebarkan di kelas VII C dengan jumlah 25 orang didapatlah 2 konseli yang memiliki jumlah masalah terbanyak sehingga di jadikan konseli dalam penelitian ini. Karakteristik rendahnya percaya diri siswa meliputi ragu-ragu dalam mengambil keputusan, kesulitan dengan lingkungan sosialnya dan mempunyai sikap konformis, memandang kemampuannya rendah menjadi tidak berdaya dan merasa hidupnya sudah diatur oleh nasib. Sikap itu menyebabkan mudah menyerah, kurangnya keyakinan akan keberhasilan masa depan, membatasi usaha yang seharusnya dapat dilakukan, dan takut gagal. Penanganan rendahnya percaya diri siswa yaitu menggunakan pendekatan konseling singkat berfokus solusi (SFBC) dengan teknik exception question, miracle question, scalling question dan formula first session/FFST. Penelitian ini berusaha untuk mengungkap fakta-fakta yang terjadi pada saat penelitian. Fakta-fakta yang dimaksud berupa gambaran siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, faktor-faktor penyebab dan upaya penanggulangannya

Kata Kunci


Rendahnya Percaya Diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, B., & Afiatin, T. (1996).

Konsep Diri, Harga Diri, Dan

Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal

Psikologi, 23(2), 23-30.

Angelis, Barbara De. (2005). Confidence:

Sumber Sukses danKemandirian.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K.

(2019). Pengaruh keterlibatan orang

tua dan motivasi intrinsik dengan

kepercayaan diri anak usia

dini. Jurnal Obsesi: Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2),

-505.

Arikunto Suharsimi. (2006), penilaian dan

penelitian: Bidang Bimbingan dan

Konseling. Yogyakarta: Aditya

Media

Busro, M. (2018). Teori-teori manajemen

sumber daya manusia. Prenada

Media.

Corey, G. (2009). Theory and Practice of

Counseling and Psychotherapy. (8th

edition). Belmont, CA: Brooks/Cole.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktik

Konseling & Psikoterapi. Bandung:

PT. Refika Aditama

Davies, Philippa. 2004. Meningkatkan

Rasa Percaya Diri. Alih Bahasa Saut

Pasaribu. Yogyakarta:Torrent Books.

Fachrurazi. (2011). Penerapan

Pembelajaran Berbasis Masalah

untuk Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis dan Komunikasi

Matematika Siswa SD. Tesis PPs

UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Fiorentika, K., Santoso, D. B., & Simon, I.

M. (2016). Keefektifan Teknik SelfInstruction untuk Meningkatkan

Kepercayaan Diri Siswa

SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan

Konseling, 1(3), 104-111.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil

Kepercayaan Diri Remaja Serta

Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi. JPPI (Jurnal

Penelitian Pendidikan

Indonesia), 4(1), 1-5.

Hakim, Thursan. (2002). Mengatasi Rasa

Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa

Swara

Hamdani dan Afifuddin. 2012. Bimbingan

Dan Penyuluhan. Bandung: CV.

Pustaka Setia

Kamaruzzaman, (2016). Bimbingan dan

Konseling. Pustaka Rumah Aloy

Kartini Kartono, 2003. Pemimpinan dan

kepemimpinan apakah abnormal

itu? Penerbit PT. Raja Grafindo

Persada. Jakarta.

Kelly, Michael S., Johnny S. Kim &

Cynthia Franklin. 2008. Solution

Focused Brief Therapy in Schools.

New York: Oxford University Press.

Komara, I. B. (2016). Hubungan Antara

Kepercayaan Diri Dengan Prestasi

Belajar Dan Perencanaan Karir

Siswa. Jurnal Psikopedagogia, 5(1),

-42.

Mulawarman, (2019). Konseling Singkat

Berfokus Solusi. Jakarta: Kencana.

Nana Sudjana. (2004) Dasar-dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algesindo

Nugroho, Ahmad & Mulawarman. 2018.

“Penerapan Solution Focused Brief

Counseling (SFBC) Untuk

Meningkatkan Konsep Diri

Akademik Siswa”, Jurnal Bikotetik,

(1). Doi: 325319937

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam

Penelitian Kualitatif: Konsep Dan

Prosedurnya.

Rahmat, Jalaluddin. 2001. Metode

Penelitian Komunikasi, PT. Remaja

Rosdakarya, Bandung


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##