ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BATANG LUPAR KABUPATEN KAPUAS HULU

Brigita Vera, Kamaruzzaman Kamaruzzaman, Hendra Sulistiawan

Sari


Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran nilai karakter pada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Batang Lupar Kapuas Hulu. Tujuan khususnya adalah untuk mengetahui nilai karakter: religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 27 siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis data nilai-nilai karakter secara keseluruhan dapat diketahui mencapai skor aktual 2.105 dan skor ideal 2.700, dengan persentase 78%, kategori “Baik” yang berarti bahwa siswa telah memahami nilai-nilai karakter dengan baik, namun tetap harus dipelihara dan di kembangkan nilai karakter tersebut, sehingga menjadi pedoman dalam bertingkah laku, bersikap, berpikir, sebagai nilai yang harus ditumbuhkan dalam diri setiap individu peserta didik baik dalam lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat. Sedangkan hasil perolehan peraspek diuraikan sebagai berikut: Aspek Religius, mendapatkan skor aktual 430 dan skor ideal 540 dengan persentase 80%, kategori “baik”. Aspek Nasionalis, mendapatkan skor aktual 427 dan skor ideal 540 dengan persentase 79%, kategori “baik”. Aspek Mandiri, mendapatkan skor aktual 393 dan skor ideal 540 dengan persentase 73%, kategori “baik”. Aspek Gotong royong, mendapatkan skor aktual 427 dan skor ideal 540 dengan persentase 79%, kategori “baik”. Aspek Integritas, mendaptkan skor aktual 428 dan skor ideal 540 dengan persentase 79%, kategori “baik”

Kata Kunci


Nilai-nilai karakter siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Hamid, Riswan Jaenudin, Dewi

Koryati. (2018). Analisis nilai-nilai

karakter siswa pada pembelajaran

ekonomi di SMA Negeri 2 Tanjung

Raja. Jurnal Provit.

Anif Istianah, Sukron Mazid, Sholihun

Hakim. “Integrasi Nilai-nilai

Pancasila Untuk Membangun

Karakter Pelajar Pancasila di

Lingkungan Kampus.” Jurnal Gatra

Nusantara (2021).

Asarina Jehan Juliani, Adolf Bastian.

“Pendidikan Karakter Sebagai

Upaya Mewujudkan Pelajar

Pancasila.” Jurnal Univ PGRI

Palembang (2021).

Cahyaningrum, Eka Sapti, Sudaryanti,

Nurtanio Agus Purwanto.

“Pengembangan Nilai-nilai Karakter

Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan

dan Keteladanan.” Jurnal

Pendidikan (2017).

Kusnoto, Yuver. (2017). Internalisasi nilainilai pendidikan karakter pada

satuan pendidikan. Jurnal

Pendidikan Sosial.

Mohamad Mustari, Ph.D. (2014). Nilainilai karakter refleksi untuk

pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Racmadyanti, Putri. “Penguatan

Pendidikan Karakter Bagi Siswa

Sekolah Dasar Melalui Kearifan

Lokal.” JPSD Vol. 3, No. 2 (2017).

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung, Alfabeta

Thomy Sastra Atmaja, Jagad Aditiya

Dewantara, bambang Budi Utomo.

(2020). Penguatan pendidikan

karakter berbasis Sekolah Menengah

Atas (SMA) Perbatasan Entikong

Kalimantan Barat. Jurnal Basicedu.

Witarsa, Rahmat Rahyana. (2021).

Pendidikan karakter konsep dan

implementasinya. Bandung: Yrama

Widya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##