LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 9 PONTIANAK

Liborius Madai, Rustam Rustam, Galuh Hartinah

Sari


 Penelitian ini Berjudul “Layanan informasi untuk meningkatkan kemandirian belajar dimasa pandemi covid-19 pada siswa kelas VII A sekolah Menengah pertama Negeri 9 Pontianak”. Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui layanan informasi kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian tindakan bimbingan ini adalah siswa kelas VII A SMP N 9 Pontianak yang menunjukkan kemandirian belajar seperti (kemandirian mengerjakan tugas, menjawab soal, dan menjawab pertanyaan) rendah. Dari 34 siswa dalam satu kelas yang menunjukkan bahwa kemandirian belajar rendah dilihat dari pedoman observasi kemandirian belajar, baik sebelum tindakan maupun setelah tindakan. Untuk mengetahui hasil tindakan, perubahan kemandirian belajar siswa ditentukan dengan membandingkan penguasaan kemandirian belajar sebelum pemberian layanan informasi belajar, dan sesudah pemberian layanan informasi belajar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari prosentase antara sebelum tindakan dan setelah tindakan di mana evaluasi penguasaan kemandirian belajar sebelum Tindakan terdapat persentase 51% setelah Tindakan (Siklus I) mengerjakan tugas, menjawab soal, menjawab pertanyaan dapat diperoleh perentase 64% dan penguasaan kemandirian sesudah tindakan (Siklus II) mengerjakan tugas menjawab soal, menjawab pertanyaan Dapat diperoleh peresentase 74% ditarik suatu kesimpulan, bahwa ada peningkatan prosentase penguasaan kemandirian belajar siswa antara putaran I dan II meningkat menjadi 74% dengan kategori baik.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2003. Prestasi Belajar (Y) Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar

Budi, Purwoko. (2008) Organisasi dan manajemen bimbinngan dan konseling. Surabaya: Unesa University Press

Dariyanto. (2008). Bimbingan Dan Konseling Panduan Guru BK Dan Guru Umum. Yogyakarta : Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Eti, Nurhayati. (2011) Bimbingan, Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hadari, Nawawi. (2007). Metode Pnelitian bidang sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Hallen. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Ciputat Press.

Hamalik (2009). Metode belajar dan kesulitan-kesulitan belajar. Surabaya: Usaha Nasional

Hamka. (2017). Upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui layanan informasi. skripsi yang tidak dipublikasikan

Hendrik. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-nilai Enterpreneurship. Pontianak: Eenggang Media

Hidayat, Dede Rahmat dan Aip Badrujama. (2012). Penlitian tindakan dalam Bimbingan dan konseling. Jakarta: PT. Indeks.

Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).

Nana Sudjana. 2015. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru

Nawawi, H. (2007). Metode Pnelitian bidang sosial. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Pendidikan berjalan secara langsung daring / belajar jarak jauh. Sebagimana kita ketahui bahwa pada awal Tahun 2020,covid -19 atau biasa disebut dengan corona virus Covid -19 kematian manusia.Jakarta pres,webinar Nasional

Prayitno. (2004). Layanan informasi. Padang: Universitas Negeri Padang

Prayitno. (2008). Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang : Universitas Negeri Padang.

Priska Rieftiana Amti. (2014). “upaya meningkatkan kemampuan kemandirian belajar siswa mlalui layanan informasi belajar pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (Ap) 1 Smk Negeri 2 Tegal”

Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT Remaja Rosda Karya Moleong. 2001 Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet XIII.

Slameto (2003) Belajar dan faktor-faktor mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suherman Twi Tandar Atmaja, (2014).Mempelajari informasi belajar. Semarang webinar nasinar: IKIP Semarang.

Suherman, (Twi Tandar Atmaja). (2014). “Upaya Meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui bimbingan belajar dengan pengguunaan media informasi SMP Negeri 6 Tegal”

Tim Pengembangan MKDK IKIP Semarang. 1990. Bimbingan Informasi Sekolah. Semarang: IKIP Semarang Press.

Tohirin (2007).Bimbingan Dan Konseling Di Sekolahdan Madrasah (berbasis intelegensi) Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tohirin (2013). Bimbingan dan konseling disekolah madrasah (berbasis intelegnsi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tohirin (2013).Bimbingan Dan Konseling Di Sekolahdan Madrasah (berbasis intelegensi) Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling disekolah dasar dan madrasah (Berbasis Integrasi). Edisi Revisi. Jakarta Rajawali Pres.

UT.Oemar Hamalik. 2000. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

W. S. Winkel. 2013. Psikologi pengajaran, Jakarta: PT Grasindo.

W.S. Winkel (2013) Pokok mengapa perlu mempelajari informasi belajar. Julnar Pendidikan Indonesia

Wedemeyer dan moore dalam Rusman 2008.Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Wedemeyer dan moore dalam Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wedmeyer (Rusman 2012) Segala aktivitas tidak tergantung pada orang lain. Surabaya: Unesa University Press

Wedmeyer; Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winkel dan Sri Hastuti. (2006). Bimbingan dan Konseling Di institute pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi

Zuldrafrial. (2012). Pendekatan penelitian dan teknik penulisan karya ilmiah. Pontianak: Pustaka Abuya


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##