ANALISIS IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP
Sari
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui informasi yang faktual tentang implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Didalam penelitian ini terdapat tujuan khusus yaitu, Layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP, Perangkat yang digunakan pada layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP, Faktor yang menghambat pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP. Berdasarkan hasil penelitian terdapat dua sekolah yang menjadi tempat penelitian yaitu, SMPN 22 Pontianak dan SMPIT Al-Fityan Kubu Raya. Peneliti menarik kesimpulan bahwa setiap sekolah berusaha untuk menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling agar tercapainya perkembangan diri peserta didik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto Suharsimi.(2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:Rineka Cipta.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Djaali, pudji muljono. (n.d.). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan.
Dimyanti John. (2023). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Kencana
Fitriani, Hastiani, Sulistiawan, H., & Yusril. (2023). Profil Orientasi Karir Siswa Sd Terhadap Cita – Cita. Jurnal Spirit, 13(2), 43–52.
Hamdanah. (2022). Pengertian, Tujuan Dan Teknik Bimbingan Konseling. 4. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/u4tjc
Hermawan, I. (n.d.). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed Methode/Hidayatul Quran Kuningan.
Indrawan, rully & Poppy Yaniawati. (2016). Metodologi Penelitian, kuantitatif, kualitatif, dan campuran, untuk manajemen, pembangunan dan pendidikan. Bandung: mengger girang. PT Reflika Aditama.
Jaya, I. M. L. M. (N.D.). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (Teori,Penerapan,Dan Riset Nyata) (2020th Ed.). Anak Hebat Indonesia.
Jayusman Iyus & Oka Agus Kurniawan Shavab. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning. Jurnal Artefak. http://dx.doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180
Kamaruzzaman, K., & Sulistiawan, H. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Pelayanan Bimbingan Dan Konseling Di Perguruan Tinggi. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 7(2), 221–231. https://doi.org/10.31571/sosial.v7i2.2798
Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 141.
Maros, H., & Juniar, S. (2016). Hakikat Program Bimbingan Dan Konseling. 1–23.
Richard Oliver (Dalam Zeithml., Dkk 2018). (2021). MERDEKA BELAJAR LANDASAN TEORI. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Rokhyani, E. (2022). Penguatan praksis bimbingan konseling dalam implementasi kebijakan merdeka belajar. Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 26–38.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sujarweni Wiratna.(2015).Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta:Pustaka Baru.
Sutirna. (2021). Bimbingan Dan Konseling.Yogyakarta:CV Budi Utama
Sumiana. (2020). Zonasi dan Merdeka Belajar : Kajian Kritis dari Prospektif Kebijakkan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 150–157.
Widyastuti Ana (2022). Merdeka Belajar danImplememtas inya. Malang:Elex Media Komputindo
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##