KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 NGABANG

Niriana Niriana, Rustam Rustam, Hastiani Hastiani, Hendra Sulistiawan

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan data awal keterampilan komunikasi antar pribadi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Ngabang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui gambaran awal keterampilan komunikasi siswa. Data wawancara, dengan guru BK SMA Negeri 1 Ngabang yang dilakukan oleh peneliti, keterbukaan terhadap orang lain menerima teman baru dan lingkungan baru yang sulit dilakukan siswa, merasa malu ketika maju di depan kelas, dalam menjalin kerjasama saat kegiatan kelompok siswa pasif, tidak secara aktif menyampaikan isi hatinya ketika berkomunikasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 36 siswa dalam 1 kelas, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi awal sebelum tindakan, keterampilan komunikasi antar pribadi siswa tergolong cukup dengan rata-rata persentase 68%. Secara khusus dirincikan melalui aspek-aspek berikut, keterbukaan 74%, empati 70%, sikap mendukung 70%, sikap positif 78%, kesetaraan 68%. Perolehan data tersebut masih menunjukan bahwa diperlukan upaya melatih keterampilan antar pribadi agar keterampilan siswa baik. dari temuan data awal peneliti melaksanakan tindak lanjut yakni memberikan perlakuan untuk melatih keterampilan komunikasi antar pribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik role playing


Kata Kunci


Kata Kunci: Antar Pribadi, Keterampilan, Komunikasi dan Role Playing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abubakar, F. (2015). Pengaruh komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik mahasiswa. Jurnal pekommas, 18(1), 53-62.

Arifin, Anwar. (2008). Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: PT Raja Graindo Persada.

Cangara, Hafied. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta. PT.Rajagrafindo Persada. .

Cangara, H. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DeVito, J. A. (2011) Komunikasi Antarmanusia. Jakarta, Karisma Publishing,Fajar.

Dede Rahmat H dan Aip Badrujaman. 2012. Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling PT. Indeks: Jakarta

Dede Rahmat Hidayat dan Aip Badrujaman, 2012:12. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT. Indeks

Dewi, R. C., & Mering, A. (2015). Pembinaan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Harapan Indah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(9).

Fithriyana, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2014). Bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2).

Hastiani, H. (2014). Model Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Cerdas Istimewa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 12(1), 63-74.

Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar. Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(1).

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Safaria. 2005. Interpersonal Intelligence. Yogyakarta:Amara Books.

Wahyuni, N. T. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Recpect-Training di Kelas Xi Kecantikan Kulit I Smkn 6 Yogyakarta. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 346-357.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168-2175.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##