PEMAHAMAN STUDI LANJUT SISWA SMP NEGERI 22 PONTIANAK

Putri Indah Dwi Lestari, Novi Wahyu Hidayati, Hastiani Hastiani

Sari


Abstrak

Penelitian dalam studi awal ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 22 Pontianak. Metode penelitian dalam studi awal yang digunakan adalah studi survey dengan pendekatan kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner dengan menyebarkan google from tentang pemahaman studi lanjut, studi awal ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Pontianak. Hasil wawancara dengan guru BK dalam membantu siswa menentukan pemilihan studi lanjut, guru BK menyebarkan angket dan membuat pohon karir agar siswa dapat menentukan studi lanjut. Dari data observasi yang dilakukan di kelas IX terdiri dari 3 kelas berjumlah 70 orang di antaranya 36 siswa laki-laki dan 34 siswa perempuan. Peneliti membuat kuesioner disebarkan melalui google from berisi tentang pemahaman studi lanjut, hasilnya 65 siswa mampu menentukan studi lanjut dan 5 siswa tidak dapat menentukan studi lanjut. Berdasarkan data yang sudah di interprestasi maka studi awal dalam pemahaman studi lanjut siswa perlu dilakukan inovasi dalam penyampain informasi tentang pemahaman studi lanjut, karena dengan adanya inovasi baru dalam media BK dapat menarik perhatian siswa. Sebagai tindak lanjut dari studi awal peneliti memberikan layanan informasi menggunakan aplikasi capcut untuk meningkatkan pemahaman studi lanjut siswa kelas IX SMP Negeri 22 Pontianak.


Kata Kunci


Kata Kunci: Pemahaman tentang studi lanjut siswa SMP

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, I. A., Utami, W. D., Rahma, S. B., & Tangerang, U. M. (2020). Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak. Journal STIT PN, 2(1), 161–169.

Ardhian, I. D. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2, 39–43. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKA/article/view/3954

Basri, H., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Kesesuaian Antara Bakat dan Minat dalam Menentukan Jurusan Pendidikan Tinggi Melalui Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 157–163. https://jurnal.iicet.org/index.php/schoulid/article/view/885

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Efendi, M. (2019). Pengembangan Media Blog dalam Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling. Bk Unesa, 1(1), 1–20.

Ernawati, I. (2016). TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS XII MA COKROAMINOTO WANADADI BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014 / 2015 Ika Ernawati Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Yogyakarta Abstrak Info Artikel Diterima Desembe. 1(1), 115–127.

Fariska, & Dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Capcut Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ipa Kelas Iv Di Sekolah Dasar. 31–41.

Fitriani, Hastiani, Hendra Sulistiawan, Y. (2023). Profil Orientasi Karir Siswa SD Terhadap Cita – Cita. Jurnal Spirit, 13(2), 43–52.

Gumilang, G. S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 144–159.

H. Prayitno, E. A. (2004). Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Deepublish.

Hastiani, R. (2019). Fenomena Karakter Remaja Sma Kota Pontianak Dan Kajian Pada Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Multikultural. Empathy, Journal, 1(1), 8–20.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1), 59–79. https://doi.org/10.31000/rf.v15i1.1369

Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 94–101.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.257

Imron, F., Santosa, T., & Winda Ayu Cahya Fitriani. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 33–41. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i2.342

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karir Remaja Melalui Bimbingan Karir Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.24176/jkg.v3i1.859

Lestari, I., Hidayati, R., & Zamroni, E. (2015). Pengembangan Model Layanan Informasi Dengan Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31. https://doi.org/10.24127/gdn.v5i2.315


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##