MEMPERSIAPKAN GENERASI MUDA DI ERA INDUSTRI 4.0 BERBASIS KARAKTER DI SMA NEGERI 1 SUNGAI PINYUH

Riki Maulana, Chandra Lesmana, Hartono Hartono, Teguh Agustian

Sari


Abstrak

Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh dengan target capaian untuk siswa SMA. Adapaun yang kita ketahui generasi muda sangat erat hubungannya dengan kehidupan yang serba canggih dan serba modern. Dengan mempersiapkan usia dini yang matang akan membuat generasi muda telah siap berkecimpung kedalam era industry 4.0. pentingnya penanaman karakter pada siswa ditujukan untuk mengantisipasi adanya pengaruh negatif dari perkembangan teknologi yang marak di masa sekarang. Teknologi tidak semuanya negatif, hanya saja bagaimana generasi muda menggunakan dan memanfaatkan suatu teknologi itu bermanfaat bagi kehidupan mereka. siswa dan siswi di SMA Negeri 1 Sungai Pinyuh sangat antusias dalam perkembangan teknologi di era 4.0 ini, dimana semuanya hampir menggunakan mesin dan perangkat yang mereka gunakan dalam mendukung pembelajaran semuanya berbasis teknologi canggih, bagi mereka era industri 4.0 ini adalah masanya untuk bersaing dan memanfaatkan teknologi itu sebaik-baiknya di masa depan.


Kata Kunci


Kata Kunci: Era Industri 4.0, Generasi Muda, Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fauzan, R. 2018. Karakteristik Model dan Analisa Peluang-Tantangan Industri 4.0 . Jurnal: Teknik Informatika Politeknik Hasnur Vol 4 (1).

Fatmawati, N. I. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138

Ghufron, G. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. In seminar nasional dan diskusi panel multidisiplin hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, (Vol. 1, No. 1)

Hasim, A., & Ramly, A. T. (2021). Pendidikan Enterpreneurship Pada Abad 21 (Millenial) Di Pondok Pesantren. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(1).

Jailani, M. S. (2014). Guru Profesional Dan Tantangan Dunia Pendidikan. Al-Ta lim Journal, 21(1), 1-9

Lexy J. Meleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Markin, A. (2004). Family Ownership And Firm Performance In Canada (Doctoral dissertation, Faculty of Business Administration-Simon Fraser University).

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Rahman, A. (2009). Pembinaan Profesional Guru SMK (Kajian Kualitatif Pada SMK di Bandung). Jurnal Tabularasa, 6 (1), 14-26.

Rosenberg, Marc J. (2001), E-Learning; Strategies For Delivering Knowledge In The Digital. New York: McGraw Hill.

Sutarna, Nana, 2018, Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam, Yogyakarta: Pustaka Diniyah


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##