BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA SMA PESONA DANAU LINDUNG EMPANGAU

Eki Hidayat, Novi Wahyu Hidayati, Toni Elmansyah, Galuh Hartinah

Sari


Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa SMA Pesona Danau Lindung Empangau. Dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperoleh informasi secara objektif tentang untuk mengetahui Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas X Di SMA Pesona Danau Lindung Empangau. Metode dalam ini adalah penelitian tindakan kelas dan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 10 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang selanjutnya akan dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian sebelum tindakan mendapatkan Nilai rata-rata 60,6% dan setelah siklus I 69,1% di siklus II mendapatkan perolehan 79,4% dan setelah tindakan dari siklus II hasil akhir dari Nilai rata-rata memperoleh 88,3% dapat disimpulkan bahwah pelaksanaan bimbingan kelompok dengan Teknik modeling dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.


Kata Kunci


Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Bimbingan Kelompok, Modeling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233-238.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008). Cetakan Ketujuh, hlm, 3.

Corey, G. (2003). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: PT. Rafika Aditama.

Ferdiansa, G., & Karneli, Y. (2021). Konseling Individu Menggunakan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 847-853.

Hortensi, G. (2020). Penerapan bimbingan kelompok dengan teknik konseling individual untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 5 Mataram. Indonesian Journal of Educational Development, 1(2), 159-169.

Mastuti, S. (2014). Meningkatkan Disiplin Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Didaktikum, 15(4).

Nurhayati, D. (2022). Layanan Bimbingan Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Institut Indonesia Semarang. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(1), 251-265.

Mungin, Eddy Wibowo. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Prayitno, (2013). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. PT Rineka Cipta, Jakarta:

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Alwison, (2009). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.

Rachman, A. (2017). Penguatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling.

Rismawati, U. (2017). Penerapan Teknik Modelling Untuk Mengurangi Keterlambatan Masuk Sekolah Pada Siswa (Penelitian pada Siswa kelas VIII SMP N 1 Tembarak Temanggung) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Roshita, I. (2014). Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling. Didaktikum, 15(4).

Simbolon, J. (2020). Penerapan Metode Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(1), 77-88.

Solechati, M. A. (2021). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Simbolik Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA 1 Bae Kudus. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 7(2).

Sri Mega Heryaniningsih, (2019). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Modelling Simbolik Untuk Mengatasi Perilaku Disiplin Siswa Kelas VIII Smp Negeri 2 Tayu Kabupaten Pati: Unnes

Suandriani, M. (2017). Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas IX B Mts Mardlatillah Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Daiwi Widya, 4(2), 79-90.

Syamsudin, S. (2018). Teknik Modelling Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VIII G SMP Pgri 6 Bandar Lampung Tp 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tria Melvin dkk, (2017). Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendiri. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Volume 1 No. 1 April 2017

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: grasindo, 82.

Damayanti, Rika. (2016). Efektivitas Konseling Behavioral dengan Teknik Modelling untuk Mengatasi Perilaku Agresif pada Peserta Didik SMP Negeri 07 Bandar Lampung”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol 3, No.1

Sutama, dkk (2014). Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ak C SMK Negeri 1 Singaraja. E- Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling.

Willis, S.S. (2004). Konseling Individual, Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1 (1), 45-56.

Komalasari, dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##