LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERILAKU DATANG TERLAMBAT KE SEKOLAH DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 TERIAK

Yulinda Susanti, Tri Mega Ralasari, Riki Maulana

Sari


Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Unutuk Mengatsi Perilaku Terlambat Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 1 Teriak, Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan, dengan bentuk penelitinnya adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Untuk menumpulkan data penelitin, digunakan teknik pengumpulan data yaitu (1) teknik observasi langsung, (2) teknik komunikasi langsung, (3) teknik komunikasi tidak langsung, sedangkan alat pengumpulan data yaitu (1) pedoman observasi, (2) panduan wawancara, (3) skala psikologis. Penelitian dilakukan dikelas VIII SMP Negeri 1 Teriak dengan jumlah subyek penelitian 8 peserta didik. Hasil pelaksankan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi terlambat pada peserta kelas VIII SMP Negeri 1 Teriak mendapat persentase rata-rata 49% dengan kategori baik.


Kata Kunci


Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok,self-management

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aida Mulyani. Upaya Mengurangi Keterlambatan Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Kelas XII C 1 SMK Negeri 2 Padang. PROSIDING Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP Seminar Konseling & Talkshow Nasional Padang, 22 April 2017.

Alamri, N. (2015). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk mengurangi perilaku terlambat masuk sekolah (studi pada siswa kelas X SMA 1 Gebog tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1)

Arikunto, S., Suhardjono Dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Untuk Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Dede Rahmad & Aib Bdarujaman (2012). Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadliyani, R. (2019). Upaya Guru BK Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa Dengan Menggunakan Layanan Konseling Individu Di Kelas XI MAS PAB I Sampali [PhD Thesis]. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mallisa, F. C. (2022). Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Siswa Di Smp Negeri 33 Makassar.

Najmuddin, N., Fauzi, F., & Ikhwani, I. (2019). Program Kedisiplinan Siswa Di Lingkungan Sekolah: Studi

Nakpodia, E. D,. & Dafiaghor, F. K. (2011). Lateness: A Major Problem Confronting School Administrators In Delta State, Nigeria. International Journal Of Science And Technology Education Research Vol. 2 (4), 58-61. Https://Doi.Org/10.5897/NGOJ11.011

Nurdjana Alamri, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015, Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 1 No.1, Tahun 2015.

Sa’diyah, Halimatus, dkk. 2016. Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Agresifitas Remaja. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 6 (02). (Online) http://e-journal.unipma.ac.id. Diakses pada tanggal 20 Februari 2018.

Sukardi dan Kusumawati. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, Hamzah. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##