ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DI TK DAARUL JANNAH PONTIANAK TIMUR

Winda Zulhijah, Urai Herlina, Ema Sukmawati

Sari


Pola asuh merupakan suatu proses membimbing, mendidik, dan mendisiplinkan yang dilakukan oleh orangtua pada anak untuk mencapai kemandirian dengan menerapkan norma-norma tertentu yang ada dalam keluarga dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui gambaran pola asuh orang tua di TK Daarul Jannah Pontianak Timur. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan jumlah sampel yang terlibat sebanyak 11 responden. Dalam penelitian ini juga terdapat tujuan khusus gambaran pola asuh orang tua, jenis-jenis pola asuh orang tua, faktor-faktor pola asuh orang tua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian terlihat bahwa pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua anak TK Daarul Jannah Pontianka Timur adalah pola asuh demokratis 82%, jumlah persentase ini lebih banyak dibandingkan dengan pola asuh otoriter 57% dan pola asuh permisif 43%, dan juga terdapat faktor yang paling menonjol yaitu faktor lingkungan di rumah. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua anak di TK Daarul Jannah Pontianak Timur dengan faktor yang paling terlihat yaitu faktor lingkungan.


Kata Kunci


Pola asuh orang tua

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian edisi revisi v. Jakarta: Rineka Cipta

Adawiah Rabiatul. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak

Casmini. (2007). Emotional parenting. Dasar-dasar pengasuhan kecerdasan emosi. Yogyakarta: Nuansa Aksara

Dita Audila. (2023). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Dalam Belajar Pada Siswa

Gunarsa, S. & Gunarsa, Y.S. (2006). Psikologi perkembangan anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Guning Mulia.

Gurubk.com/2022/03/faktor-yang-mempengaruhi-pola-asuh.html

Hana maimunah. (2018). Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Bengkayang Kalbar.

Hayati Fitriah. (2018). Analisis Pola Asuh Orang Tua Di Kelompok A Tk Ikal Dolog Banda Aceh.

Handayani Riska. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar.

Hastuti. (2012). Psikologi Perkembangan Anak, (Jakarta: Tugu Publisher), Cet 1, h. 117.

Mumayzizah Miftahul Jannah. (2017). Identifikasi Pola Asuh Orang Tua di Taman Kanak-Kanak ABA Jogokaryan Yogyakarta

Muri Yusuf, “Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan”, (Jakarta: Kencana, 2014), hlm. 329

Nilawati Tadjuddin, Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini, (Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing,2015), h.2

Pratama, R. B. (2019). Metodologi Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 28–55.

Santrock, J.W. (2011). Perkembangan anak edisi sebelas jilid 2. (Penerjemah: Mila Rachmawati S.psi dan Anna Kuswanti). Jakarta: PT Erlangga

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Savera, M.A. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Anak Usia 4-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Kanigoro 2

Tim Pustaka Familia. (2006). Warna-warni kecerdasan anak dan pendampingannya. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Tridhonanto, Al. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tim Penyusun Penulisan skripsi IKIP-PGRI Pontianak. (2022). Pedoman Operasional. Pontianak: Tim Dosen.

Undang-Undang RI 2005 No. 14, Guru dan Dosen.

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitian Sosial. In Angewandte Chemie International Edition.

Wahyuni, S.S. (2023). Analisis Pola Asuh Orang Tua DalamMengembangkan Perilaku Prososial Anak Di Tk Masthon Kelurahan Sumber Harjo, Kecamatan Buay Madang Timur, Kabupaten Oku Timur, Sumatra Selatan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##