ANALISIS SELF CONTROL SISWA KELAS VIII SMP YOS SUDARSO PARINDU KABUPATEN SANGGAU

Dionisia Luya, Martin Martin, Ema Sukmawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui informasi yang objektif tentang self control siswa kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau. Penelitian ini juga terdapat tujuan khsusus yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut: 1) behavior control siswa Kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau. 2) cognitive control siswa Kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau. 3) decisional control siswa Kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 185 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 20 % sehingga menjadi 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data self control secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa self control siswa kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau mendapat perolehan persentase sebesar 74,16%. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa self control siswa kelas VIII SMP Yos Sudarso Parindu Kabupaten Sanggau dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa secara umum pegendalian diri yang dilakukan para siswa cukup baik..


Kata Kunci


Self Control

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abin Syamsudin (2016) Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosda Karya Remaja.

Anas (2017) Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya

Amiruddin. (2012). Layanan Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Self- Control Siswa Yang Prokastinasi Akademik : Studi Kasus Siswa Kelas VII SMP Jati Agung Sidoarjo 2011/2012. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel.

Amalia Putri (2016) Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press

Atina Yuni (2022) Pengaruh Kontrol Diri (Self Control) Terhadap Tingkat Perilaku Agresif Siswa di SMP Negeri 5 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.

Aydin, D. (2009). Effectiveness Of A Group Guidance On Realistic Study Field Choice Among First Year High School Students. Journal of Theory and Practice in Education. Turkey : Ahi Evran University.

Azwar, S. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Calhoun & Acocella. (2017). Psikologi Tentang Penyesuaian Dan Hubungan Kemanusiaan Edisi Ketiga. Terj. Satmoko. Semarang : IKIP Semarang Press.

Dariyo (2017) Seri Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang : Pendidikan Profesi Konselor

Destri Fajar Rianti & Pembudi Raharjo (2014) Kontrol Diri Pada Peserta Didik di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Psycho Idea Nomor 1 Volume 12 Tahun 2014 ISSN 1693-1076

Ernawati, I., & Ahzani, A. P. (2023). 20. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pengendalian Diri Siswa Kelas VIII SMP. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(02), 349-357.

Fundukian, L.J and Jeffrey W. (2018). Self-control Strategies Vol 2. The Gale Ensyclopedia of Mental Health. Detroit : Gale, Cengange Learning.

Gunarsa, S.D. (2019). Dari Anak Sampai Usia Lanjut Bunga Rampai Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.

Hadi, S. (2004). Statistik Jilid 2. Yogyakarta : Andi OFFSET.

Hadari Nawawi (2012) Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Hamid Darmadi (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Jelita & Aslmawati (2020) Trait Self-Control Predicts Adolescents' Exposure and Response to Daily Stressful Events. Jakarta Rineka Cipta

Kartono (2022) Psikologi Abnormal, Bandung : Bandar Maju

LATIFAH, I. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self-Management Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Smp Negeri 4 Mesuji (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Michiko Mamesah & Sjenny A. Indrawati (2022) Kontrol Diri Siswi Kelas VIII Dalam Menghadapi Konflik Sebaya di SMP Diponegoro 1 Jakarta Timur

M. Subana dan Sudarajat (2017) Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita (2010) Teori Teori Psikologi. Jogjakarta : Ar-Ruz media

Ngalim Purwanto (2019) Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Yogjakarta : Pustaka Pelajar.

Nur Khasanah. (2009). Peningkatan Kemampuan Kendali Diri Dalam Memilih Kegiatan di Luar Jam Sekolah Melaui Konseling Realita Pada Pengurus OSIS di SMA N 1 Wirosan Grobogan Tahun 2008/2009. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. UNNES.

Nurhanifs dkk (2020) Psikologi Remaja. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya

Nurul Huda Pulungan (2020) Hubungan Kontrol Diri Dengan Kenakalan Remaja di SMP PAB 8 Sampali Percut Sei Tuan. Skripsi : Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Novi Dwi Lestari (2020) Self Control Pada Mahasiswa Unnes Yang Kecanduan Instagram Ditinjau Dari The Big Five Personality. Skripsi Jurusan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Panuju, P. (2019). Psikologi Remaja. Yogyakarta : Tiara Wacana Yogya.

Rahmawati, S. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Resiko Perilaku Seksual Pra Nikah Melalui Layanan Informasi dengan Menggunakan Media Visual Di Kelas VIII SMP Negeri 4 Purbalingga. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Rina Rahayu Siregar (2020) Self-Control Sebagai Prediktor Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja.

Romlah, T. (2019). Teori dan praktik. Malang :Universitas Negeri Malang. Safaria, T. 2004. Terapi Kognitif-Perilaku untuk Anak. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sarwono (2011) Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta

Santosa, S. (2016). Dinamika Kelompok. Jakarta : PT . Bumi Aksara.

Santrock, J.W. (2013). Adolesence (Perkembangan Remaja). Jakarta :Erlangga.

Sjarkawi. (2018). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : BinaAksara

Sriyanti (2011) Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Narcissistic Personality Disorder Pada Pengguna Instagram di SMA N 1 Seyegan. E-Journal Bimbingan dan Konseling , 184-195.

Tohirin. (2017). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Walgito, B. (2019). Psikologi Kelompok. Yogyakarta: Andi OFFSET.

Wina Sanjaya (2018) Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Vol 1 Nomor 1 Tahun 2012.

Yuliandita, S. (2016) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1).

Zuldafrial (2014) Metode Penelitian. Pontianak : Stain Press

Zulkarnaen (2022) Hubungan Kontrol Diri dan Kreatifitas Pekerja. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Sumatra. On Line

Gufron dalam http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/21943/F.%20BAB%20II.pdf?sequence=6&isAllowed=y


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##