ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PONTIANAK

Lili Rahmawati, Eli Trisnowati, Hendra Sulistiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecerdasan emosional pada siswa kelas XI, Metode yang di gunakan adalah deskriptif yaitu penelitian pendekatan kuantitatif yang menggambarkan keadaan subjek dan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, bentuk penelitian adalah survey, menggunakan teknik pengumpulan data yaitu, teknik komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, dan teknik studi documenter, sedangkan alat pengumpulan datanya yaitu, skala psikologis, dan panduan wawancara/interview, dan studi documenter dan populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI Akutansi dan Keungan (AK), Manajemen Perkantoran (MP), dan Perhotelan (PH) dengan jumlah populasi 60 orang siswa, dan sampel yang di ambil keseluruhannya. Dari data yang telah terkumpul kemudian di susun dan di gambarkan secara objektif dalam bentuk narasi, maka memperoleh persentase rata-rata 67,36% dengan kategori “Tinggi” hal ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional sangat signifikan dengan nilai perkembangan Pendidikan siswa kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Pontianak Kecamatan Pontianak Barat, sesuai dengan aspek mengenali emosi diri sendiri, aspek mengelola emosi, aspek memotivasi diri sendiri, aspek mengenal emosi orang lain dan aspek membina hubungan dengan orang lain.


Kata Kunci


Kecerdasan Emosional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


AKIMAS, Hari Nugroho; BACHRI, Ahmad Alim. Pengaruh Kecerdasan Intelektual (IQ), Kecerdasan Emosional (EQ), Kecerdasan Spiritual (SQ) Terhadap Kinerja Pegawai Inspektorat Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Wawasan Manajemen, 2016, 4.3: 259-272.

Cahyaningtyas, Prebitya Indri. Hubungan antara kecerdasan emosi dengan ketidakpuasan sosok tubuh (body dissatisfaction) pada remaja putri. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Eva Nauli Thaib, “Hubungan Antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional”, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Februari 2013.

Evitha, Y. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Terhadap Pengendalian Persediaan Bahan Baku Produksi di PT. Omron Manufacturing Of Indonesia. Jurnal Logistik Indonesia.

Fauziah, Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Semester II Bimbingan Konseling Uin Ar-Raniry, Jurnal Ilmiah Edukasi Vol 1, Nomor 1, Juni 2015.

Goleman, D. 2004. Kecerdasan Emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosional, Mengapa El Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia.

Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional (Mengapa EI lebih penting daripada IQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, Daniel. 2005. Working With Emotional Intelligence. Terjemahan Alex Tri Kantjono W. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Terjemahan oleh T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

HM, Ely Manizar. Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib, 2016, 2.2: 198-213.

Ika Arina Wulandari, “Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Remaja di MTsN 2 Kendiri”, Jurnal Al-Makrifat, Vol 5, No 1, April 2020.

Khanif Maksun, “Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Jejeran Bantul pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Muaddib, Vol 3, No 1, Januari, 2019.

Mayer, J.D. & Salovey, P. 1997. Dalam P. Salovey & D.J. Sluyter (Eds). Emosional development and emotional intelligence: Educational implication. New York: Basic Books.

Nasril & Ulfatmi. (2018) Melacak Konsep Dasar Kecerdasan Emosional. Al-Irsyad: Jurnal bimbingan dan konseling Islam.

Ningsih, Atika Rahayu. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Perhatian Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Rw 05 Dusun Ii Desa Bukit Kemuning Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Diss. Universitas Islam Riau, 2018.

Rose, Colin., & Malcom J. Nicholl. 2002. Cara Belajar Cepat Abad XXI, Terjemahan Dedy Ahimsa 2002. Bandung: Nuansa.

Sulistiawan, Hendra. "Hubungan Efikasi Diri, Kecerdasan Emosional dengan Minat Belajar Fisika." Jurnal Pendidikan (2019).

Setyowati, Ana, Sri Hartati, and Dian Ratna Sawitri. "Hubungan antara kecerdasan emosional dengan resiliensi pada siswa penghuni rumah damai." Jurnal Psikologi Undip 7.1 (2010).

Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif R&D, Bandung: Alfabeta,2018.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suri Widyaningsih, Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2012/2013, (Godean : Skripsi Tidak Diterbitkan, 2012)

Vivi Rosida, “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Makasar”, Jurnal Sainsmat,Vol 16, No 2, Juli-Desember 2017.

Wahyuningsih, A. S. (2004). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMU LAB School Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Persada Indonesia.

Zurkarnain, “Emosional Tinjauan AI-Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan”, Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 5, No 2, 2018


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##