EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING DI SMP NEGERI 14 PONTIANAK

Destari Dwi Kurniawati, Rustam Rustam, Hendrik Hendrik

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan pemahaman perilaku bullying di SMP Negeri 14 Pontianak. Penelitian ini juga terdapat tujuan khusus yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut: 1) Mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control di SMP Negeri 14 Pontianak. 2) Mengetahui pemahaman perilaku bullying di SMP Negeri 14 Pontianak. 3) Mengetahui pengaruh keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan pemahaman perilaku bullying di SMP Negeri 14 Pontianak. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 16 siswa yang yang dibagi menjadi 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Analisis data menggunakan teknik homogenitas, uji t (independent sample t-test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian 1) Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control sudah pernah dilaksanakan tetapi tidak terprogram secara baik oleh guru bimbingan dan konseling, 2) Pemahaman perilaku bullying di SMP Negeri 14 Pontianak dapat dikategorikan sedang, 3) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control dalam meningkatkan pemahaman perilaku bullying di SMP Negeri 14 Pontianak dapat dianggap cukup efektif.


Kata Kunci


Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Self Control, Bullying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, N. (2019). Pengaruh Penerapan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hendrik. (2018). Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Enterpeneurship. Pontianak: Enggang Media.

Matondang, Zulkifli. 2009. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED.

Melati, T.Sobari, T.Septian, MR. (2023). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Mencegah Perilaku Bullying Peserta Didik di SMAN 1 SIindangkerta. IKIP Siliwangi.

Singarimbun, Masri, & Sofian Effendi. (2006). Metode dan Proses Penelitian. Jakarta: Pustaka LP3ES.

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Eko Putro. 920140. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Pendekatan, Metodologi, dan Teknik. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.

Widoyoko, Eko Putro. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Wijayanti, A. (2019). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Universitas Lampung. Skripsi.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##