KESULITAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 42 PONTIANAK
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan dalam belajar pada siswa siswi di sekolah dasar serta mengetahui bentuk pembelajaran dan upaya dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang kesulitan belajar pada siswa. Subjek penelitian ini adalah sembilan siswa kelas III SDN 42 Pontianak. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam bentuk sulit dalam berkonsentrasi, tidak dapat memahami pelajaran dengan baik, mengalami kesulitan dalam membaca, berhitung, dan kesulitan dalam daya ingat terlebih siswa cenderung sibuk dengan aktifitasnya sendiri. Bentuk pembelejaran pada siswa diberikan guru sangat bervariasi dan kreatif, memiliki model pembelajaran menggunakan media konkrit dan berteknologi seperti menggunakan layer focus dan media chromebook. Upaya dalam membantu mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar berupa memberikan motivasi, memberikan toleransi pada siswa, memberikan rasa tanggung jawab pada siswa, memberikan perbaikan nilai (remedial) dan selalu mengadakan evaluasi pada pembelajaran agar dapat membantu siswa yang kurang memahami materi pada pembelajaran. Adapun faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah sikap dan minat belajar siswa yang rendah, kurangnya perhatian dari lingkungan keluarga, adanya faktor fisiologis dan psikilogis, di mana siswa tidak fokus dalam belajar dan tidak fokus memperhatikan penjelasan materi pada saat pelajaran sedang berlangsung sehingga siswa merasa tidak bersemangat, bosan pada saat pembelajaran di kelas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asmidir Ilyas, Sisca Folastri, Solihatun, (2020), Diagnosis Kesulitan Belajar & Pembelajaran Remedial, Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Semarang, Semarang, Januari 2017
Ali Mahrus, (2013 : 268). Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Klinik Pembelajaran (studi analisis pada mata Pelajaran fisika)
Afifudin, Beni Ahmad Saebani. (2012) Metodologi Penulisan
Kualitatif.Bandung:CV.PustakaSeti a.
Abdurahman, M, (2013), Pendidikan Bagi Anaka Kesulitan Belajar, Jakarta, rineka Cipta Bandung : Remaja Rosdakarya.
Anggraini Dhian K, (2016), Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Sosrowijayan Kota Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Agung Setyawan dkk, (2020) Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD),PGSD, Universitas Trunojoyo Madura.
Chamidah, A. N. (2009). Deteksi dini gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak. Jurnal pendidikan khusus, 5(2), 83-93.
Djamarah, Syaiful Bahri, (2011), psikologi belajar, Jakarta, rineka cipta
Djmarah, Syaiful Bahri, (2008), Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta
Fikriyah, S. N. (2021). Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 200-207
Fitriyanti Irma, (2019). Peran Guru Bk Dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sma Bina Jaya Palembang. Jurnal Wahana Konseling ( VOL. 2, No.2, September 2019)
Fatmaridha Sabani (2019), Perkembangan Anak-Anak Selama Sekolah Dasar (6-7 Tahun), IAIN Palopo : Jurnal Kependidikan.
Indah, R. N. (2017). Gangguan berbahasa: Kajian pengantar.
Indah Ayu Anggraini dkk, (2020) Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD
Adiwiyata, Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol 2 No 1
Jaya, I Made Laut Mertha. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakrta: Quadrat.
Ma’ruf Bin Husein, (2020: 66), Kesulitan Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta : Cahaya Pendidikan, Vol 6 No.1: 56-67.
Mulyadi, (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus Yogyakarta : Nuha Litera.
Marlina, Asesmen Kesulitan Belajar (2019). Jakarta Timur: Prenamedia Group, hal 45
Masitoh, M. (2019: 40-54). Gangguan Bahasa dalam Perkembangan Bicara Anak. Edukasi Lingua Sastra, 17(1).
Moh. Fattah dkk, (2021), Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal, Vol. 19 – Nomor 1, Tahun 2021 hal 90
Muhamad Romadhon, Asep Supena, (2021), Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi, Vol. 5 – Nomor 3 Tahun 2021, hal 1471 – 1478
Muhamad Uyun, Idi Warsah, (2021), Psikologi Pendidikan, CV Budi Utama
Nawawi.H. Nawawi, (2001: 94). Metode penelitian Bidang sosial. Jakarta : Gadjah Mada University.
Nurul Amallia, Een Unaenah, (2018: 131), Analisis Keslitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Tangerang : Universitas Muhammadiyah.
Setyawan, A., Novitri, Q. A., Pratiwi, S. R. E., Walidain, M. B., & Anam, M. A.
K. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Sugiyono, (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siti Urbaytun, dkk (2019). Kesulitan Belajar & Gangguan Psikologis Ringan Pada Anaka (implementasi pada anak usia sekolah dasar). Bantul,Yogyakarta : K-Media.
Syah, Muhibbin (2013), Psikologi Pendidikan suatu Pendekatan Baru, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sitompul, M. S. (2019). Analisis Gangguan Berbahasa Pada Anak Di Kecamatan Pahae Julu. Jurnal Konfiks, 6(1), 46-52
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarigan, henry Guntur, (2008), Berbicara sebagai suatu keterampilan berbaVasa, Bandung, Angkasa
Trubus Raharjo, dkk (2011), Identifikasi Learning Disabilities pada Anak Sekolah Dasar, Vol. 4 Nomor 2.
Uyun, N., Magdalena, I., & Maulida, Z. (2021). Definisi Sejarah Teori Intelegensi. Jurnal Sosial Dan Teknologi, 1(10), 1-145
Wakitri dkk, (2010), Penelitian hasil belajar, Jakarta, universitas terbuka.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##