ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA PONTIANAK
Sari
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa tentang upaya pencegahan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar Negeri Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan 111 siswa kelas VI dari empat Sekolah Dasar Negeri, yaitu SDN 44 Pontianak Barat, SDN 17 Pontianak Kota, SDN 36 Pontianak Kota, dan SDN 09 Pontianak Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek bentuk kekerasan dipahami oleh 86% siswa, dengan bentuk-bentuk kekerasan yang paling banyak dikenali adalah kekerasan fisik, verbal, dan sosial. Sementara itu, 81% siswa memiliki pengetahuan yang baik tentang kekerasan, namun masih ada ruang untuk peningkatan, khususnya dalam memahami bentuk kekerasan yang kurang terlihat. Dalam hal sikap terhadap kekerasan, sebanyak 86% siswa menolak kekerasan, menunjukkan kesadaran yang tinggi untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari kekerasan. Kesimpulannya, meskipun pemahaman siswa tentang kekerasan sudah tinggi, peningkatan program pencegahan yang lebih intensif tetap diperlukan untuk memperdalam pengetahuan siswa dan memperkuat sikap anti-kekerasan. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada kebijakan pencegahan kekerasan di sekolah dasar di Kota Pontianak.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ana Merdekawaty, F. (2023). Peran Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Layanan di Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Samawa. Jurnal Kependidikan, 8(2), 82–88.
Apriadi, & Khadafie, M. (2020). Peran Lembaga Pendidikan dalam Pencegahan dan Penanggulangan Tindakan Kekerasan Pada Siswa. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 37–46.
Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak Nyoman. Jurnal Psikologi MANDALA, 6(1), 69–78. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/mandala/article/download/1833/1537
Direktorat Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. (2020). Buku Pedoman Pencegahan Dan Penanggulangan Tindak Kekerasan.
Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Sd. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.589
Fath, A., & Iswara, W. (2021). Pendeteksian dan Pencegahan Kekerasan terhadap Anak Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 10(2), 295–300. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/5473
Freeman, I. M., Tellez, J., & Jones, A. (2024). Effectiveness of School Violence Prevention Programs in Elementary Schools in the United States: A Systematic Review. Social Sciences, 13(4). https://doi.org/10.3390/socsci13040222
Hamid, A., Wahira, W., & HB, L. (2023). Pelatihan Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Anak Di Sekolah Dasar. SEMAR : Jurnal Sosial Dan Pengabdian Masyarakat, 1(01), 71–75. https://doi.org/10.59966/semar.v1i01.100
Hidayat, A. (2021). Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 22–33. https://doi.org/10.53627/jam.v8i1.4260
Ilham, A. A. (2022). Analisis Kasus Kekerasan Terhadap Anak Dan Kebijakan Dalam Pencegahannya Di Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Spektrum Analisis Kebijakan Pancasila, 11(4).
Kemendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2023 Tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Satuan Pendidikan.
Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.
Mallion, J., & Gebo, E. (2023). Collaborative Community Approaches to Addressing Serious Violence. In Collaborative Community Approaches to Addressing Serious Violence. https://doi.org/10.3390/books978-3-
-6222-3
Nurhuda. (2022). Landasan Pendidikan Nurhuda. www.ahlimediapress.com
RN, K. (n.d.). KPAI R.N. https://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-perlindungan-anak-2016-2020
Setiabudhi, D. O., Palilingan, T. N, & Palilingan, T. K. R. (2024). Peningkatan Kesadaran Hukum Terhadap Kekerasan Di Lingkungan Satuan Pendidikan. Lex Privatum, 14(3).
Ulum, R., Budiyono, B., & Aziz, A. (2024). Inisiasi Madrasah Dalam Mengatasi Perundungan Di Lingkungan Pembelajaran, di Kota Pontianak. JPeG: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 1-10.
Wilson, S., & Lipsey, M. (2005).
Theeffectiveness of school-based violence prevention programs for reducing disruptive and aggressive behavior. Washington, DC: United States Department of justice. http://www.ncjrs.gov/App/abstractdb/AbstractDBDetails.aspx?id=232642
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##