LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PERILAKU BULLYING

Widya Anzu, Martin Martin, Toni Elmansyah

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai perilaku bullying dengan menerapkan layanan informasi yang melibatkan interaksi aktif serta penggunaan media yang relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana berbagai teknik diterapkan, seperti pemutaran video edukasi, simulasi peran, diskusi kelompok dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan yang dilakukan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap tiga jenis bullying, yakni bullying fisik, bullying verbal dan bullying relasional. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa dibandingkan dengan siklus pertama, dengan skor rata-rata untuk masing-masing jenis bullying sebagai berikut: 30,00 untuk bullying fisik, 28,63 untuk bullying verbal dan 29,89 untuk bullying relasional. Meskipun demikian, pemahaman siswa terhadap bullying verbal masih terbilang lebih rendah dibandingkan dengan dua jenis bullying lainnya, sehingga perlu adanya perhatian lebih lanjut pada aspek tersebut. Secara keseluruhan, layanan informasi berbasis interaksi aktif berhasil meningkatkan kesadaran siswa terhadap dampak buruk bullying, sekaligus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan sosial yang lebih positif dan mendukung di sekolah. Pendekatan tersebut terbukti memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi para siswa.


Kata Kunci


Kata Kunci: Layanan Informasi, Audio Visual, Pemahaman Siswa, Perilaku Bulliying

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andriati, N., Atika, A., Hidayati, N. W., & Martin, M. (2020). Peningkatan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam parenting education pada tingkat pendidikan anak usia dini. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 64–68.

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ashari, H. F., Utami, S., & Widodo, W. (2021). Kontribusi layanan informasi dalam mencegah perilaku bullying pada siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 87–94. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4577

Badan Pusat Statistik. (2023). Kabupaten Ketapang dalam Angka 2023. https://ketapangkab.bps.go.id/id/publication/2023/02/28/481611b433477660d4ed63e3/kabupaten-ketapang-dalam-angka-2023.html.

Budiman, A. (2021). Perilaku Bullying pada Remaja dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. https://doi.org/https://doi.org/10.31237/osf.io/ed5wt

Budiono, S. (2021). Konseling Kreatif dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan dan Konseling. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62–68.

Chauvet, L., & Jacolin, L. (2017). Financial inclusion, bank concentration, and firm performance. World Development, 97, 1–13.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2012). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. United Kingdom: Altamira Press.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140–153.

Forsberg, C. (2021). School bullying and the ongoing social dynamics: A thematic analysis of young peoples’ perspectives on a specific bullying case. Children & Society, 35(6), 930–943. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/chso.12475

Gaspersz, M., & Salamor, R. (2021). Pembelajaran Grup Investigasi Berbantuan SPSS Pada Mata Kuliah Statistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Concept Matematis Mahasiswa FKIP. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(1), 26–34.

Husnunnadia, R., & Slam, Z. (2024). Pencegahan bullying di sekolah: Mengimplementasikan pendidikan dan kewarganegaraan untuk penguatan hak dan kewajiban anak. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 9(1), 28–42.

Idris, M. (2024). Upaya menanggulangi bullying di kalangan pelajar: Strategi efektif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan positif. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(6).

Kompas.id. (2023). Tiga Dosa Besar: Pendidikan Masih Perlu Diintervensi. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/01/16/tiga-dosa-besar-pendidikan-masih-perlu-diintervensi.

KPAI. (2022). Pedoman Perlindungan Anak Pembela HAM. https://savethechildren.or.id/wp-content/uploads/2023/04/Pedoman-Perlindungan-Anak-Pembela-HAM-fix.pdf.

Magfirah, A., Hidayat, A., & Mahanal, S. (2019). Penggunaan Media Audiovisual pada Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. State University of Malang.

Muin, R. D. A. (2022). Pendidikan Karakter Dan Relevansinya terhadap Nilai- Nilai Pendidikan Islam. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Noviana, A. (2021). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bulliying pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Banding Kecamatan Rajapasa Kabupaten Lampung Selatan. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nurasih, W., Latifah, A., & Mohamed, A. H. I. (2023). Spirituality transformation from metaphysical to metaverse. IAS Journal of Localities, 1(2), 114–123. https://doi.org/https://orcid.org/0000-0002-5032-0489

Putra, A., Sholihin, M., & Sandi, Q. (2023). Dampak Kekerasan dan Perundungan (Bullying) di Lembaga Pendidikan serta Pencegahannya. Al-Hikmah Jurnal Studi Keislaman Dan Pendidikan, 10(2), 16–30.

Rahim, A., & Suyitno, S. (2024). Program Pelatihan Upaya Anti Bullying di Sekolah dan Lingkungan. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(05), 230–236.

Razali, Ahmad Syamil, Uron Hurit, Aulia Asman, Lestariningsih, Louise Elizabeth Radjawani, R. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Rismayanti, M. A. (2022). Pengaruh Tindakan Bullying Terhadap Perkembangan Mental Anak Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pamulang Indah. Universitas Mummadiyah Jakarta.

Ropiah, L. (2024). Dampak Bullying Bagi Kesehatan Mental Pelajar Di Indonesia [researchgate.net]. https://www.researchgate.net/profile/Lailatul-Ropiah/publication/377624587_Dampak_Bullying_Bagi_Kesehatan_Mental_Pelajar_Di_Indonesia/links/65afbce87fe0d83cb561f219/Dampak-Bullying-Bagi-Kesehatan-Mental-Pelajar-Di-Indonesia.pdf

Setyawati, S. (2019). Efektivitas Layanan Informasi dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Diri Untuk Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Internet pada Peserta Didik Kelas Xi SMK Al-Huda Jati Agung Lampung Selatan. (Skripsi). Universitas Islam Raden Intan Lampung.

Shanti, S. (2021). Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Pemerolehan Belajar Retensi Teks Naratif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Bengkayang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(10), 1763–1774.

Sopiani, S., Dini, D., Nadiya, R. A., Natanae, R., & Inriani, E. (2023). Forgiveness As Solidarity In Christian Education Based On Johann Baptist Metz. SEIKAT: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hukum, 2(5), 480–488.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zamanzadeh, V., Ghahramanian, A., Rassouli, M., Abbaszadeh, A., Alavi-Majd, H., & Nikanfar, A.-R. (2015). Design and implementation content validity study: development of an instrument for measuring patient-centered communication. Journal of Caring Sciences, 4(2), 165.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##