MENINGKATKAN KEDISIPLINAN TATA TERTIB SEKOLAH MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK BEHVIOR CHART PADA SISWA SMA NEGERI 1 SINTANG
Sari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat kedisiplinan tata tertib sekolah pada siswa di SMA Negeri 1 Sintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan tata tertib sekolah siswa dengan layanan informasi dengan teknik behvior chart. ada 36 siswa sebagai subjek penelitian yang dipilih berdasarkan purposive sampling. Penelitian ini dirancang dalam dua siklus dan dimasing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan disetiap siklus, pada aspek aturan masuk dan pulang sekolah siklus I diperoleh 51% kategori “sedang” kemudian siklus II 91,30% kategori “tinggi”, aspek aturan izin dan sakit siklus I diperoleh 57% kategori “sedang” kemudian siklus II 91,3% kategori “tinggi”, aspek aturan berpakaian disekolah siklus I diperoleh 55,4% kategori “sedang” kemudian siklus II 92,02% kategori “tinggi”, aspek aturan berpenampilan disekolah siklus I diperoleh 55,3% kategori “sedang” kemudian siklus II 90% kategori “tinggi”, aspek aturan kebersihan,kedisplinan dan ketertiban sikkus I diperoleh 53,12% kategori “sedang” kemudian siklus II 91% kategori “tinggi”, dan aspek aturan sopan santun pergaulan siklus I diperoleh 53% kategori “sedang” kemudian siklus II 92,1% kategori “tinggi”. Sehingga hipotesis tindakan bisa diterima karena ada peningkatan dari indikator keberhasilan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustina, E., Yuliansyah, M., & HJ. Auliah, N. 2022. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Teknik Cinema Therapy Di Era New Normal Pada Kelas X Di Smk Negeri 3 Amuntai. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3169–3174.
Amri, Sofan .2016. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2016.Jakarta : Prestasi Pustaka Raya h. 161
Akmal, Sutja. Dkk.2017. Penulis Skripsi Untuk Bimbingan Dan Konseling.Yogyakarta:Writing Revolution.
Amri, Sofan Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum, 2013, (Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2013), h. 161.
Ali Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011). h. 73.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2003), h.997
Geral Corey. 2013. teori dan praktik konseling & psikoterapi, (bandung: PT Refika Aditama)
Hayati, R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Cerdas Format Klasikal( Pkc-Ka ) Dalam Layanan Informasi. Jurnal Pendidkan Dan Konseling, 9(1), 89–101.
Hasibuan, M. Organisasi dan Motivasi , (Jakarta : Bumi Aksara,2003), h. 12
Hurlock. Perkembangan Anak. Jilid II Alih Bahasa Meistasari Tjandra. (Jakarta: PT. Erlangga, 2010), h. 84-91
Iriastuti, M. E. (2021). Layanan Informasi Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Menghadapi Praktik Kerja Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 1(2), 8–15. https://doi.org/10.51878/vocational.v1i2.112
Jhonson, V. M & Werne. R. A (1977). A Step By Step Learning Guide for Older Retarded Children. Syracuse University Press: USA
Khafid dan Suroso Pengaruh Disiplin Belajar dan. Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil belajar Ekonomi. Jurnal Pendidikan. Ekonomi, 2014 hlm. 15.
Mardiana, Ugi, N., & Budi, S. I. (2022). Motivasi Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani di SMP 13 Tanjung Jabung Timur. Jurnal Score, 2(1), 32–37.
Muhammadiyah, I., & Deeyanerna, M. (2019). Terhadap Tata Tertib Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 8–14.
Maulana, R., & Hidayati, N. W. (2018). Terhadap Tata Tertib Sekolah. 3, 16–21.
Manurung, P., Yazidsyah, R., Lubis, R. N., Rispan, R., Afnijar, S., & Komariah, S. (2023). Penerapan Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Perhatian Masyarakat Terhadap Pendidikan TPQ Di Desa Lalang Kecamatan Tanjung Pura. Innovative: Journal Of Social Science Research.
Muchdarsyah Sinungan, Produktivitas Apa dan Bagaimana, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014), h.146.
Martin, G., & Pear, J. (2015). Modifikasi perilaku. yogyakarta: Pustaka Pelajar
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##