ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA DINI: FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK

Wahyuda Dwi Handoko, Selomita Laura, Yosefa Delima

Sari


Perilaku  bullying  merupakan  salah  satu  permasalahan  sosial  yang  sering  terjadi  yang  sudah  merambah  kepada  dunia  anak  usia  dini,  sehingga  tujuan  peneltian  ini  adalah  mendeskripsikan  tentang  bentuk  perilaku  bullying  anak  usia  dini.  Metode  penelitian  deskriptip  dengan  pendekatan  kualitatif.  Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  didapat  bahwa  bullying  yang  sering  dilakukan  anak  usia  dini  terbagi  menjadi  empat  jenis  bentuk  perilaku  bullying  yang  terjadi  pada  anak  usia  dini  yaitu  bullying  dalam  bentuk  fisik  (mencubit,  menggigit,  memukul,  menendang,  mendorong  dan  melempar  benda,  mengepalkan  tinju  kepada  teman,  menyembunyikan  barang,  menarik  kerudung/  topi  teman),  bullying  verbal  (menggertak  orang  lain  untuk  mendapatkan  perhatian,  mendapatkan  apa  yang  mereka  inginkan  makanan,  mainan,  pakaian,  dan  lain-lain),  memanggil  nama  teman  dengan  menggunakan  kata-kata  yang  tidak  baik,  lontaran  kata-kata  kasar,  melecehkan,  merendahkan  nama  panggilan),  bullying  dalam  bentuk  psikologis  (segala  jenis  perundungan  mengancam,  mengucilkan  anak  lainnya,  membatasi  anak  lain  untuk  ikut  bermain,  menatap  dengan  sinis,  memarahi  dan  membentak  teman,  mengancam  dengan  menghancurkan  mainan)  dan  bullying  dalam  bentuk  relasional  (seperti  dengan  mengajak  temannya  untuk  tidak  bermain  dengan  seseorang,  merusak  mainan  teman,  menolak  anak  lain  untuk  bergabung,  mencegah  berberapa  anak  bermain  atau  berbicara  dengan  orang  lain,  mengabaikan  beberapa  teman).


Kata Kunci


bullying, anak usia dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsaker, F. D., & Nägele, C. (2008). Bullying in kindergarten and prevention. An international perspective on understanding and addressing bullying, 1, 230-252.

Ambarini, R., Wardoyo, S. L., Sumardiyani, L., & Zahraini, D. A. (2019). Model Program Intervensi Anti Bullying Berbasis Sekolah. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(2), 136-160. https://doi.org/10.33633/lite.v15i2.2844

Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullying dalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.

Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullying dalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.

Azzahra, S. S., Pandin, M. A., & Pandin, M. G. R. (2021). The factors of bullying and character education on teenagers. April, 1-9. https://doi.org/10.20944/preprints202104.0102.v1

Hampel, P., Manhal, S., & Hayer, T. (2009b). Direct and relational bullying among children and adolescents: Coping and psychological adjustment. School Psychology International, 30(5), 474–490.

Huggins, M. (2016). Stigma Is the Origin of Bullying. Journal of Catholic Education, 19(3), 166–196.

Jansen, P. W., Verlinden, M., Dommisse-van Berkel, A., Mieloo, C., van der Ende, J., Veenstra, R., … Tiemeier, H. (2012). Prevalence of bullying and victimization among children in early elementary school: Do family and school neighbourhood socioeconomic status matter? BMC Public Health, 12(1), 145.

Kasanah, I. (2013). program sahabat sebagi salah satu program alternatif penanganan bullying pada anak usia dini (pp. 364-371). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3049

Maghfiroh, N. T., & Sugito, S. (2021). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175–2182.

Mahriza, Rita, Meutia Rahmah, and Nani Endri Santi. 2020. Stop Bullying: Analisis Kesadaran Dan Tindakan Preventif Guru Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 891–99.

Olweus, D. A. (1997). Bully / victim problems in school : Facts and intervention. Europan Journal Of Psychology Of Education, XII(December 1997), 495-510. https://doi.org/10.1007/BF03172807

Prawesti, Anggraini. 2014. Celebrate Your Weirdness Positeens: Positive Teens Againts Bullying. Jakarta: PT. Gramedia

Priyatna, A. (2010). Let’s End Bullying. Elex Media Komputindo.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.

Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 715- 732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438

Rahayu, S. S., & Nugraeni, D. P. (2023). Dampak Perilaku Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini.

Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460.

Sentra Cendekia, 4(3), 145-152.Nisa, U. (2024). Is Bullying a Moral Disability? Identification of Bullying Behavior In Kindergarten. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 277-293.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##