ANALISIS PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA DINI: FAKTOR PENYEBAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK
Sari
Perilaku bullying merupakan salah satu permasalahan sosial yang sering terjadi yang sudah merambah kepada dunia anak usia dini, sehingga tujuan peneltian ini adalah mendeskripsikan tentang bentuk perilaku bullying anak usia dini. Metode penelitian deskriptip dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa bullying yang sering dilakukan anak usia dini terbagi menjadi empat jenis bentuk perilaku bullying yang terjadi pada anak usia dini yaitu bullying dalam bentuk fisik (mencubit, menggigit, memukul, menendang, mendorong dan melempar benda, mengepalkan tinju kepada teman, menyembunyikan barang, menarik kerudung/ topi teman), bullying verbal (menggertak orang lain untuk mendapatkan perhatian, mendapatkan apa yang mereka inginkan makanan, mainan, pakaian, dan lain-lain), memanggil nama teman dengan menggunakan kata-kata yang tidak baik, lontaran kata-kata kasar, melecehkan, merendahkan nama panggilan), bullying dalam bentuk psikologis (segala jenis perundungan mengancam, mengucilkan anak lainnya, membatasi anak lain untuk ikut bermain, menatap dengan sinis, memarahi dan membentak teman, mengancam dengan menghancurkan mainan) dan bullying dalam bentuk relasional (seperti dengan mengajak temannya untuk tidak bermain dengan seseorang, merusak mainan teman, menolak anak lain untuk bergabung, mencegah berberapa anak bermain atau berbicara dengan orang lain, mengabaikan beberapa teman).
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alsaker, F. D., & Nägele, C. (2008). Bullying in kindergarten and prevention. An international perspective on understanding and addressing bullying, 1, 230-252.
Ambarini, R., Wardoyo, S. L., Sumardiyani, L., & Zahraini, D. A. (2019). Model Program Intervensi Anti Bullying Berbasis Sekolah. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 15(2), 136-160. https://doi.org/10.33633/lite.v15i2.2844
Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullying dalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullying dalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.
Azzahra, S. S., Pandin, M. A., & Pandin, M. G. R. (2021). The factors of bullying and character education on teenagers. April, 1-9. https://doi.org/10.20944/preprints202104.0102.v1
Hampel, P., Manhal, S., & Hayer, T. (2009b). Direct and relational bullying among children and adolescents: Coping and psychological adjustment. School Psychology International, 30(5), 474–490.
Huggins, M. (2016). Stigma Is the Origin of Bullying. Journal of Catholic Education, 19(3), 166–196.
Jansen, P. W., Verlinden, M., Dommisse-van Berkel, A., Mieloo, C., van der Ende, J., Veenstra, R., … Tiemeier, H. (2012). Prevalence of bullying and victimization among children in early elementary school: Do family and school neighbourhood socioeconomic status matter? BMC Public Health, 12(1), 145.
Kasanah, I. (2013). program sahabat sebagi salah satu program alternatif penanganan bullying pada anak usia dini (pp. 364-371). https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3049
Maghfiroh, N. T., & Sugito, S. (2021). Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2175–2182.
Mahriza, Rita, Meutia Rahmah, and Nani Endri Santi. 2020. Stop Bullying: Analisis Kesadaran Dan Tindakan Preventif Guru Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1): 891–99.
Olweus, D. A. (1997). Bully / victim problems in school : Facts and intervention. Europan Journal Of Psychology Of Education, XII(December 1997), 495-510. https://doi.org/10.1007/BF03172807
Prawesti, Anggraini. 2014. Celebrate Your Weirdness Positeens: Positive Teens Againts Bullying. Jakarta: PT. Gramedia
Priyatna, A. (2010). Let’s End Bullying. Elex Media Komputindo.
Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 605–610.
Putri, L. A. D., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Keterlibatan Orangtua dan Regulasi Diri terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 715- 732. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.438
Rahayu, S. S., & Nugraeni, D. P. (2023). Dampak Perilaku Bullying dan Peran Penting Satuan PAUD dalam Upaya Pencegahan Bullying pada Anak Usia Dini.
Saracho, O. N. (2017). Bullying Prevention Strategies in Early Childhood Education. Early Childhood Education Journal, 45(4), 453–460.
Sentra Cendekia, 4(3), 145-152.Nisa, U. (2024). Is Bullying a Moral Disability? Identification of Bullying Behavior In Kindergarten. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 277-293.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##