PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI RAUDATUL ATHFAL PONTIANAK

Ema Sukmawati, Asriani Asriani, Weti Weti

Sari


Pendidikan adalah suatu proses belajar yang dapat membantu individu menyempurnakan perkembangan potensi-potensinya dalam menghadapi kesulitan dan berlaku sepanjang hayat yang mengarah kepada kemajuan diri seseorang. Berdasarkan hasil Observasi, dan wawancara pada guru dan orang tua  yang dilakukan oleh peneliti di karakter anak belum berkembang secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator yang dapat membangun karakter anak usia dini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman sikap sopan santun siswa  dengan memberikan gambaran pemahaman terhadap anak paud tentang berprilaku sopan santun. Penelitian ini adalah penelitian pendekatan kualitatif Penelitian bersifat analisis deskriptif diharapkan dapat memecahkan masalah yang bersifat konseptual,teoritis dengan cara meneliti peran guru` dalam Pendidikan Karakter pada Anak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat dilihat bahwasanya karakter anak usia dini di Raudatul Athfal Pontianak. pada sopan santun berbahasa terdapat 7 belum berkembang, 15 mulai berkembang dan 3 berkembang sesuai harapan. Pada item anak mengetahui tentang sopan santun berprilaku terdapat 5 belum berkembang, 13 mulai berkembang dan 7 berkembang sesuai harapan. Pada item anak mengetahui tentang sopan santun berpakaian terdapat 6 belum berkembang, 14 mulai berkembang dan 5 berkembang sesuai harapan. Dengan diterapkannya langkah-langah dalam membangun karakter anak usia dini melalui metode bercerita,telah menunjukkan hasil yang cukup baik


Kata Kunci


Peran Guru, Pendidikan Karakter, Anak PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arrikunto, Suharsimi, (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta,

Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.

Azizah, Asih Nur, and Muhammad Ali,(2015) ‘Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5 –6 Tahun Di Tk Khodijah’

Burhan Bungin,(2013) Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

Dani, Desy Ery,(2011) ‘Pembentukan Karakter Anak Melalui Kegiatan Mendongeng’.Datuamas,Kartini, Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Kelompok A2 Tk Aisyiyah 1 Tolitoli’.

Dini, Direktorat Pembinaan Anak Usia, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional Tahun Membangun Karakter Anak Usia Dini.

Jahja, Yudrik ,(2013) Psikologi Perkembangan, Jakarta: Prenada Media Grup,

Juwairiah,(2017) ‘Membentuk Karakter Anak Usia Dini Dengan Mengenalkan Cerita Rakyat Dari Aceh’, III, .

Khaironi, Mulianah,(2017) ‘Pendidikan Karakter Anak Usia Dini’, Golden Age, 02,

Khasinah, Siti,(2015) ‘Interaksi Ekstratekstual Dalam Proses Bercerita Kepada Anak Usia Dini’, Internasional Journal of Child and Gender Studies, 1,

Masitah, Widya, ‘Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang

Widya Masitah Dan Juli Hastuti’, 8 (2016). Mengawangi, Ratna, Pendidikan Karakter, Depok: Indonesia Heritage Foundation,

Moeslichatoen R (2004), Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta: PT. Rineka Cipta, .

Moleong, Lexy,(2013) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Rosdakarya,

Muchlich, Masnur, (2011) Pendidikan Karakter, Jakarta: PT Bumi Aksara,

Muhammad Najib, Novan Ardy Wiyani, Sholichin,(2016)

Manajemen Strategi Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media,

Suharti, (2004). “Pendidikan Sopan santun dan Kaitannya dengan Perilaku Berbahasa Jawa”. Jurnal. Vol. 11, No. 1. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##