PRAKTIK BAIK KOLABORASI KEPALA PENGELOLA DENGAN ORANG TUA DALAM GERAKAN TUJUH KEBIASAAAN ANAK INDONESIA HEBAT DI PAUD HARAPAN BUNDA KECAMATAN SUNGAI KAKAP KABUPATEN KUBU RAYA

Martin Martin, Tatia Ayuningtyas, Pika Darmawati

Sari


PAUD Harapan Bunda kecamatan Sungai Kakap kabupaten Kubu Raya merasakan pentingnya kolaborasi bersama orangtua. Kondisi ini dilatarbelakangi kurangnya kerjasama yang terjalin orangtua dengan guru dalam membantu perkembangan anak. Kondisi ini menjadi tantangan kepala pengelola dan guru PAUD untuk memperkuat kolaborasi dengan orangtua, termasuk dalam menjalankan program gerakan tujuh kebiasaan anak Indonesia hebat yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia. Tujuan penelitian: mengkaji praktik baik kolaborasi kepala pengelola dan guru PAUD dengan orangtua dalam program gerakan tujuh kebiasaan anak Indonesia Hebat. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan bentuk penelitian Studi Kasus. Subjek penelitian adalah kepala, guru dan orangtua. Teknik pengumpul data yaitu teknik komunikasi langsung dengan alat pengumpul data yaitu panduan wawancara. Kesimpulan penelitian: kolaborasi antara kepala pengelola dan guru PAUD dengan orangtua terjalin baik. Orangtua mendukung penuh dan menjadi mitra dalam mensukseskan program gerakan tujuh kebiasaan anak Indonesia Hebat, mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.  Hasil di atas, tentunya berdasarkan kajian situasi, tantangan dan aksi nyata yang dilakukan, sehingga hasil kolaborasi direkomendasikan sebagai praktik baik yang sdapat dijadikan referensi untuk lembaga lain dalam mengambil kebijakan, terutama dalam memperkuat kolaborasi dengan orangtua.


Kata Kunci


Praktik Baik, Kolaborasi, Kebiasaan Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kemdikbudristek (2024). Penulisan Naskah Praktik Baik yang Menginsiprasi: Disampaikan dalam kegiatan Penguatan Narusumber Berbagi Praktik Baik.

Kuwat, Fitri Nur dan Mahmudah, 2021. “Kemitraan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi di Masa Pandemi Covid 19”. Elementary School Education Journal (ELSE), Universitas Muhammadiyah Surabaya. Volume 5 No. 2.

Misbah, M. (2009). Peran dan Fungsi Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Volume 14 No. 1.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Murdiyanto, E. (2012). Membangun Kemitraan Agribisnis, Semarang : Yayasan Bina Karta Lestari.

Rosmailani Simamora, dkk. 2023. Pengembangan Model Kemitraan Sekolah dan Orangtua pada Sekolah Menegah Atas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Volume 8 No. 1.

Subana, Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Putra, N. & Dwilestari, N. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Undang-Undang Sistem Pendikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 2003

Yamin, M. dan Sanan, J. S. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Gaung Persada


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##