STUDI KASUS KECEMASAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY SMK KOPERASI PONTIANAK

Tendry Adha Zulfahmi, Amelia Atika, Hendra Sulistiawan

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk  menerapkan dan mengurangi rasa cemas siswa. Kecemasan sosial yang dialami siswa yang menyebabkan kesulitan dalam penyesuaian lingkungan sehingga siswa kesulitan saat berhadapan dengan teman yang baru,  interaksi dengan guru dan lingkungan sosial yang berada disekolah ini,  kecemasan sosial yang juga ditemukan  di SMK Koperasi Pontianak, dengan penerapan  Rational Emotive Behavior Therapy dengan melakukan konseling individual untuk penerapan kesadaran diri tentang pola pikir yang tidak sehat atau irasional. Bentuk penelitian ini yaitu  metode kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian untuk lebih memahami gejala-gejala yang muncul, penelitian yang digunakan adalah studi kasus sebagai bentuk penelitian yang digunakan untuk mengetahui dan mendapatkan data yang lengkap dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian dari subjek kasus ini dengan menggunakan langkah-langkah studi kasus yaitu: 1. Identifikasi Kasus, 2. Diagnosis, 3. Prognosis, 4. Treatment, 5. Tindak lanjut dan 6. Evaluasi, selanjutnya dilakukan pemeliharaan agar klien tetap berada dalam kondisi sekarang, untuk itu meminta bantuan kepada orang tua, wali kelas subjek kasus untuk mengamati perkembangan subjek kasus kedepannya mengenai perkembangan agar rasa cemas berkurang, gugup, dan tidak percaya diri. Selanjutnya diadakan kerjasama dengan subjek kasus dalam hal untuk mempertahankan kemajuan-kemajuan yang telah diperoleh subjek kasus akan menjadi lebih baik lagi di kedepannya.


Kata Kunci


Kecemasan, Rational Emotive Behaviour Therapy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ackerman, C. (2017). What is Rational Emotive Behavior Therapy? Jornal Of Positive Psychology Program, 8. Retrieved from https://positivepsychologyprogram.com/rational-emotivebehavior-therapy-rebt/

Albert Ellis 2014, The Empirical Status Of Rational Emotif Behavior Therapy (Rebt) Theory & Practice Albert Ellis Institute New York Nelson-Jones, Richard, Teori dan Praktik Konseling dan Terapi Edisi Keempat, terjemahan.

Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2016). The correlation between social anxiety and academic adjustment among freshmen. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, 104-107.

Brook, C. A., & Willoughby, T. (2015). The Social Ties That Bind : Social

Dadang, “Manajemen Stress Cemas dan Depresi” (Jakarta: Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2006), hlm. 284.

Dryden, W. (2012). The “ABCs” of REBT I: A Preliminary Study of Errors and Confusions in Counselling and Psychotherapy Textbooks. Journal of Rational-Emotive & Cognitive-Behavior Therapy, 30(3), 133–172. https://doi.org/10.1007/s10942-011-0137-1 Corey, G. (2012). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (9th ed.). Cengage Learning.

Ellis, A., & Dryden, W. (2007). The practice of rational emotive behavior therapy. New York: Springer

Goffman, Erving. 1959. The Presentation of Self in Everyday Life. England: Penguin Books Ltd. University of Edinburgh Social Sciences Research Centre.

Kaplan, H. I., Sadock, B. J., & A.Grebb, J. (2010). Gangguan Kecemasan. Dalam Kaplan-Sadock Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis Jilid Dua (hal. 3). Tangerang: Binarupa Aksara.

Martin & Richard, “The Shyness & Social Anxiety Worbook”. Oakland: New Harbinger Publications (2017).

Pujiati, I., & Noviandari, H. (2018). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Teknik Cognitive Restructuring Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa.In Seminar Nasional FKIP Universitas PGRI Banyuwangi. FKIP UniversitasPGRI Banyuwangi

Russell, G., & Topham, P. (2012). The impact of social anxiety on student learning and well-being in higher education. Journal of Mental Health, 21(4), 375-385.

Sayekti, Wilis. Dkk. Kecemasan Sosial. Bandung: CV Semiotika, 2013.

Sofyan S. Willis, 2013. Konseling individual teori dan praktek. Bandung : Alfabeta

Steven Schwartz, “Abnormal Psychology: a Discovery approach”, (California: Mayfield Publishing

Untari, R. T., Bahri, S., & Fajriani. (2017). Pengaruh Harga Diri Terhadap Kecemasan Sosial Remaja Pada Siswa di SMA Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 1–10.

Vriends, N., Pfaltz, M.C, Novianti, P., & Hadiyono , J (2013). Taijin Kyofusho and Social Anxiety and Their Clinical Relevance in Indonesia and Switzerland Frontiers in Psychology, 4, 3. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.0000

Yuke Wahyu Widosari. (2010). “Perbedaan Derajat Kecemasan dan Depresi Mahasiswa Kedokteran Preklinik dan Ko-Asisten di FK UNS Surakarta.” Skripsi. Surakarta: Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret Zealand.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##