STUDI KASUS SISWA KORBAN BULLYING DI SMA NEGERI 1 SEMITAU

Utin Mutia Anum Salsabila Putri, Novi Wahyu Hidayat, Ema Sukmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui karakteristik siswa korban bullying di SMA Negeri 1 Semitau; (2) mengetahui langkah-langkah studi kasus dalam menyelesaikan masalah pada siswa korban bullying di SMA Negeri 1 Semitau; (3) mengetahui model konseling yang digunakan untuk membantu siswa korban bullying di SMA Negeri 1 Semitau. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data (1) teknik observasi langsung; (2) teknik komunikasi langsung; (3) dokumenter. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 1 Semitau dengan jumlah subjek penelitian 1 orang peserta didik. Hasil pelaksanaan treatment dengan teknik cognitive restructuring untuk mengubah cara berpikir subjek yang tadinya irasional menjadi rasional. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap siswa yang menjadi korban bullying, guru, serta pihak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk bullying yang dialami meliputi verbal, fisik, dan sosial, yang berdampak signifikan terhadap kesehatan mental, motivasi belajar, serta hubungan sosial korban. Selain itu, ditemukan bahwa penanganan dari pihak sekolah masih belum optimal, terutama dalam hal pendampingan psikologis dan tindakan preventif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya program konseling intensif dan peningkatan peran guru sebagai agen pencegah bullying di lingkungan sekolah.


Kata Kunci


Bullying, Siswa SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arya, Lutfi. 2018. Melawan Bullying: Menggagas Kurikulum Anti Bullying di

Sekolah. Mojokerto: CV Sepilar Publishing House Anggota IKAPI.

Astuti, Ponny Retno. 2008. Meredam Bullying: 3 Cara Efektif Mengatasi K.P.A

(Kekerasan Pada Anak). Jakarta: PT Grasindo.

Beck, A. T., Davis, D. D., & Freeman, A. (2015). Cognitive therapy of personality disorders,3rd ed (hlm. xvii, 506). New York, NY, US: Guilford Press.

Darmawan, 2017. Fenomena Bullying Di Sekolah (Perisakan) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Kependidikan : 1 (2)

Erford, B.T. 2015. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fatin Rohmah Nur Wahidah & Patricia Adam (2018). “Cognitive Behavior Therapy Untuk Mengubah Pikiran Negatif Dan Kecemasan Pada Remaja”

Hellfeldt, K., López-Romero, L., & Andershed, H. (2020). Cyberbullying and psychological well-being in young adolescence: the potential protective mediation effects of social support from family, friends, and teachers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17

Murphy, A.G. (2009). Character education: Dealing with bullying. NewYork: Chelsea House Publishers

Nasution, Henni Syafriana ; Abdillah. 2019. Bimbingan Dan Konseling.

Konsep,Teori,Dan Aplikasinya. Edited by Rahmat Hidayat. Medan: LPPPI.

Priyatna, Andri. 2010. Let’s End Bullying. Memahami, Mencegah & Mengatasi bullying. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Saputra, W.N.E. 2017. Effectiveness Of Cognitive Restructuring Technique To Reduce Academic Procrastination Of Vocational HighSchool Students. Couns-Edu.2(1):6-10


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##