KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE BAGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA PONTIANAK

Fakhrana 'Adani, Rustam Rustam, Hendrik Hendrik

Sari


Game online atau permainan daring adalah jenis permainan yang dapat dimainkan melalui koneksi internet. Game ini menjadi hiburan bagi mereka untuk mencari kesenangan. Bermain game telah menjadi aktivitas rutin dalam kehidupan sehari-hari remaja untuk menghabiskan wa ktu, sehingga mereka sering kali kehilangan kesadaran tentang berapa lama mereka telah menghabiskan waktu hanya untuk bermain game. Hal ini mengakibatkan siswa kecanduan game online dan sulit untuk fokus dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi kecanduan game online dengan teknik self management di SMP Negeri 11 Kota Pontianak. Data dikumpulkan melalui observasi, dan penyebaran angket kepada 32 siswa dengan sampel 6 orang siswa, menggunakan metode penelitian mix method. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mengurangi kecanduan game online secara signifikan dapat menurunkan kecanduan game online siswa. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengungkap adanya tantangan, terutama terkait perlunya kolaborasi yang lebih optimal antara pihak sekolah, orang tua, dan siswa itu sendiri

Kata Kunci


Kecanduan game online, Teknik self management, Konseling kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran Guru dalam Mengatasi Kecanduan Game Online (The Role of Teachers in Overcoming Addiction to Online Games). KOPASTA, 4.

Febrianti, R., & Nugraha, A. (2019). Penerapan teknik self management untuk mengurangi perilaku kecanduan game online pada siswa SMP. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 89–96.

Hakim, L., & Sari, D. N. (2020). Efektivitas self management dalam mengatasi kecanduan game online pada remaja. Jurnal Psikologi Terapan, 8(1), 45–52.

Hendrayadi, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Mixed Method Research. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6.

Jarkawi. (2015). Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. (disebutkan dalam konteks PTBK/collaborative action research)

Lestari, D., & Mahardika, I. G. P. (2020). Hubungan antara durasi bermain game online dengan konsentrasi belajar siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 30–38.

Pembronia Nona Fembi, Yosefina Nelista, & Pasionista Vianitati. (2022). Kecanduan Bermain Game Online Smartphone Dengan Kualitas Tidur Siswa-Siswi di SMPK Hewerbura Watublapi Kabupaten Sikka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan.

Pira, Damiri, D. S., & Mareyke Jessy Tanod. (2022). Upaya Meminimalisir Kecanduan Game Online dengan Pendekatan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management Pada Siswa Kelas VIII SMP Dwipa Karya Mandiri Tahun Pelajaran 2022/2023. Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Prasetyo, M. A., & Rahmawati, N. (2021). Dampak kecanduan game online terhadap perilaku dan prestasi belajar siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(2), 112–119.

Putri, R. D., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik self management terhadap perilaku kecanduan game online. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 11(1), 67–75.

Safithry, E. A., & Anita, N. (2019). Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Bimbingan Dan Konseling, 4.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD (2nd ed.). Alfabeta.

Wahyuni, S., Susanto, D., & Amelia, R. (2022). Penerapan konseling kelompok teknik self management untuk mengurangi perilaku adiktif pada siswa SMP. Jurnal Konseling Edukasi, 6(3), 245–251.

Yenti Arsini, Yani, R., & Nazwa, S. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##