ANALISIS DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS X DI SMA SWASTA MUJAHIDIN PONTIANAK

Oktaviani Safitri, Tri Mega Ralasari, Toni Elmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk dukungan sosial teman sebaya terhadap siswa kelas X di SMA Swasta Mujahidin Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa kelas X yang dipilih secara acak proporsional dari total populasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial teman sebaya terdiri atas empat indikator utama yaitu dukungan emosional, penghargaan, informasi, dan jaringan sosial; keempatnya berada pada kategori sedang, dengan nilai indeks tertinggi pada dukungan informasi. Data wawancara menunjukkan bahwa bentuk dukungan tersebut dirasakan dalam bentuk empati, pujian, pertukaran informasi, dan keterlibatan kelompok belajar. Guru bimbingan konseling memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi positif dan membentuk ekosistem sosial yang mendukung kenyamanan dan kesejahteraan siswa di lingkungan sekolah. Temuan ini menunjukkan bahwa keberadaan dukungan teman sebaya cukup membantu siswa dalam menjalani aktivitas belajar dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah, meskipun intensitasnya belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan bimbingan konseling di bidang pendidikan dengan menekankan pentingnya membangun iklim sosial yang suportif di sekolah sebagai bagian dari strategi peningkatan kesejahteraan siswa

Kata Kunci


Dukungan Sosial, Teman Sebaya

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa, W. T. & Dewi, E. M. (2025). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stres Akademik Siswa Berasrama di SMA Islam Athirah Bone. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 5 (3), 1-7.

Auliazalsini, W. (2024). Peran Konseling Kelompok terhadap Konformitas Teman Sebaya pada Remaja. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3 (1), 214-225.

Daneswari, I. G. & Immanuel, A. S. (2023). Peran Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri terhadap Stres Akademik Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Konseling, 14 (1), 64-78.

Evi, S. & Abidin, Z. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman dengan Stres Menghadapi Tugas Akhir pada Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 4 (3), 46-50.

Febrianti, N. R. (2023). Hubungan antara Dukungan Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa. JPK: Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 7 (1), 1-8.

Hasyim, W. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Literasi Nusantara Abadi Grup.

Maryam, R. I. & Sovitriana, R. (2023). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas XI SMAN 53 Jakarta. Ikraith-Humaniora, 7 (3), 159-165.

Nandito, R. (2022). Meningkatkan Hubungan Sosial antar Teman Sebaya melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Homeroom. Muria Research Guidance and Counselling Journal, 1 (2), 192-200.

Rihartini, R. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Mahasiswa Santri di Pesantren As-Sa’adah Terboyo Semarang. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 5, 22-29.

Winata, P. P. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kepercayaan Diri Remaja. Prosiding Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP, 134-139.

Yuri, N. P. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Efikasi Diri Akademik. Jurnal Neo Konseling, 2 (3), 1-7.

Zadok, W. F. (2024). Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Hardiness pada Efikasi Diri Mahasiswa. Indramayu: Adanu Abimata.

Zahara, N. & Dewi, M. P. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Stres Akademik Mahasiswa Kedokteran Gigi pada saat Pandemi. Jurnal Ilmiah Global Education, 4 (4), 1-16.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##