LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAMPAK BAHAYA PERUNDUNGAN

Irena Cahayani, Rustam Rustam, Kamaruzzaman Kamaruzzaman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap dampak bahaya perundungan melalui layanan informasi berbantuan media audio visual di SMP Negeri 1 Sungai Raya. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masih rendahnya kesadaran dan pemahaman siswa terhadap dampak negatif perilaku perundungan, baik bagi pelaku, korban, maupun saksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang telah direkomendasikan oleh guru Bimbingan dan Konseling, sebanyak 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan layanan informasi dalam dua siklus, terjadi peningkatan pemahaman siswa yang cukup signifikan. Pemahaman terhadap dampak perundungan dari sisi pelaku mencapai 69,34%, korban 70,73%, dan saksi 66,84% dengan kategori “Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa layanan informasi berbantuan media audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai bahaya perundungan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa layanan informasi berbasis audio visual dapat dijadikan strategi yang tepat dalam mencegah dan mengurangi perilaku perundungan di lingkungan sekolah

Kata Kunci


layanan informasi, audio visual, perundungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggara, N., & Suherman, U. (2024). Optimalisasi Sarana dan Prasarana Melalui Kreativitas Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) dalam Melaksanakan Layanan Bimbingan dan Konseling (BK). G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 116–130. https://doi.org/10.31316/gcouns.v9i1.6245

Aszahra, V. S., Arifin, N., Fauziyah, M., Khodiyah, S., Nur, J., Syafitri, A., Masyhuriah, N. L., Haliq, F., & Widjaja, T. B. (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Peningkatan Etika Pergaulan Teman Sebaya Siswa Di SMAN 7. 22(12), 243–253.

Fahmil Abdillah, & Rusman, A. A. (2024). Layanan Informasi Berbasis Media Audiovisual terhadap Pemahaman tentang Bahaya Bullying pada Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(1), 11–18. https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.81660

Fransiska, I., Novera, R., & Mianna, R. (2020). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Melalui Audio Visual Tentang Bullying Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa SMP Negeri 38 Pekanbaru. 9(1), 24–30.

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Ngarifin, & Halwati, U. (2023). Layanan Bimbingan Informasi Dalam Mencegah Perilaku Cyber Bullying Di Media Sosial: Sebuah Tinjauan Literature. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(2), 43–60. https://jurnal.pabki.org/index.php/alisyraq/article/view/337

Prastiti, J. P., & Anshori, I. (2023). Efek Sosial Dan Psikologis Perilaku Bullying. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7(1), 69–77.

Punggeti, R. (2021). Bullying dan dampaknya terhadap Kesehatan mental siswa. Jurnal Psikologi pendidikan, 9(2), 101-112.

Rahmawati, W., & Sodik, M. A. (2021). Pengalaman Terjadinya Bullying yang Berdampak Pada Kesehatan Mental. Strada Indonesia, 73.

Rizal, R. S. (2021). Bentuk Dan Faktor Perundungan Pada Siswa SMP. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 129. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5673

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. https://doi.org/https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/16455

Seprianto, S., Hartini, H., Fadila, F., Ristianti, D. H., & Rizal, S. (2024). Strategi Pengembangan Materi Layanan BK untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pelayanan Bimbingan Konseling (Studi Kasus di SMPIT Annida’ Lubuklinggau). Journal of Education and Instruction (JOEAI), 7(1), 8–23. https://doi.org/10.31539/joeai.v7i1.7964

Siti Maspuroh. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Untuk Mengatasi Perilaku Bullying. 17(2), 492–502. https://doi.org/10.35457/konstruk.v17i2.4842

Stamp, G. H., & Shue, C. K. (2020). Perundungan di Indonesia. The Routledge Handbook of Family Communication, 11–28. https://doi.org/10.4324/9780203848166

Tari, I. D. A. E. P. D., Karpika, I. P., & Setiyani, R. Y. (2024). Dampak Praktik Perundungan terhadap Partisipasi dan Kesejahteraan Siswa: Kajian Holistik di Sekolah. Buletin Edukasi Indonesia, 3(01), 38–45. https://doi.org/10.56741/bei.v3i01.496

Wulansari, L., Vernia, D. M., Nurisman, H., Hermanto, H., Widiarto, T., Sutina, S., & Widiyarto, S. (2023). Penyuluhan Pencegahan Perundungan (Bullying) di SMP Kota Bekasi Jawa Barat. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(5), 638–643. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i5.462

https://regional.kompas.com/read/2023/11/03/205517078/viral-video-perundungan-siswa-di-pontianak-kpad-pastikan-sudah-berdamai

https://rri.co.id/pontianak/hukum/380110/bullying-di-pontianak-timur-berawal-dari-saling-ejek


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##