MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT PADA SISWA

Dewi Setianda Pratiwi, Hendrik Hendrik, Toni Elmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku prokrastinasi melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik behavior contract pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekadau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpulan data yakni (1) teknik observasi langsung, (2) teknik komunikasi langsung, (3) teknik komunikasi tidak langsung, dan (4) dokumenter, sedangkan untuk alat pengumpulan data yaitu (1) skala psikologis, (2) pedoman observasi, (3) panduan wawancara, (4) dokumentasi. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 1 Sekadau dengan jumlah subjek penelitian 8 siswa. Ciri -ciri atau aspek dari perilaku prokrastinasi antara lain (1) penundaan memulai dan menyelesaikan tugas, (2) keterlambatan dalam menyelesaikan tugas, (3) kesenjangan social, dan (4) melakukan aktivitas yang menyenangkan. Hasil dari pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik behavior contract untuk mengurangi perilaku prokrastinasi pada siswa mendapatkan persentase rata-rata 58% dengan kategori sedang

Kata Kunci


Prokrastinasi, Bimbingan Kelompok, Behavior Contract

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti, R. (2019). Analisis perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester akhir. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 8(1), 33–42

Corey, G. (2017). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–4

Erford, B. T. (Ed.) (2017). Orientation to the Counseling Profession: Advocacy, Ethics, and Essential Professional Foundations

Ferrari, J.R., Johnson, J.L., & McCown, W.G. (2019). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. Springer

Handoyo, A. W., Afiati, E., Khairun, D. Y., & Prabowo, A. S. (2020). Prokrastinasi mahasiswa selama masa pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 3(1), 355–361

Hassan, N., & Omar, N. (2020). Group Counseling to Reduce Academic Procrastination among Secondary School Students. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 10(12), 432–441

Hidayat, A., & Listiowati, E. (2021). Hubungan antara prokrastinasi akademik dan manajemen waktu mahasiswa. Jurnal Psikologi, 14(2), 112–120

Hidayati, N., & Aulia, L. A.-A. (2019). Flow Akademik dan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikologi, Vol. 6, No. 2, 128-144

Istiqamah, N. F. Saman, A. & Anas, M. (2023). Penerapan Teknik Behavio rcontract Untuk Mereduksi Prokrastinasi akademik Siswa di SMA Negeri 5 Enrekang. Pinisi Journal of Education

Khoirun Nisa, N., Mukhlis, H., Arif Wahyudi, D., Hediya Putri, R., & Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Aisyah Pringsewu, F. (2019). Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan. Journal of Psychological Perspective P-ISSN, 1(1)

Meysha. A. Aulia T. Noer, (2025). Psychological Flexibility Sebagai Pengaruh Terjadinya Academic Procrastination Pada Siswa-Siswi SMA danSMK di Kabupaten Bone

Manuardi, A. R. (2018). Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) sebagai sarana peningkatan layanan konseling. Quanta: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 31–42

Rahmawati, N., & Pranata, S. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 87–96

Sulistyarini, A. (2021). Pengaruh teknik behavior contract terhadap penurunan perilaku prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(2), 124–130

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Susanto, H., & Pratama, A. (2021). Kecemasan dan rasa bersalah pada pelaku prokrastinasi akademik. Jurnal Intervensi Psikologi, 12(3), 201–210

Sari, N. A., & Ayriza, Y. (2021). Efektivitas konseling kelompok teknik behavior contract untuk mengurangi prokrastinasi akademik. Jurnal Konselor, 10(2), 67–74

Wati, L. Y., & Setyawati, S. P. (2023). Teknik behavior contract untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa

Wulandari, D., & Hasanah, S. (2022). Ciri-ciri prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 6(1), 45–54

Widodo, W., Murtini, W., & Susilowati, T. (2016). Penerapan metode pemberian tugas dan resitasi dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis surat siswa kelas X-D administrasi perkantoran SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 131-145


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##