LAYANAN BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN DI KANTOR CABANG J&T EXPRESS PAK BENCENG PONTIANAK

Putri Cahyanti, Kamaruzzaman Kamaruzzaman, Toni Elmansyah

Sari


Perkembangan industri jasa pengiriman di Indonesia, khusus nya di era globalisasi dan digitalisasi, mengalami pertumbuhan yang pesar seiring meningkatnya aktivitas e-commerce. J&T EXPRESS sebagai salah satu perusahaan ekspedisi dituntut untuk terus meningkatkan kualitas layanan, di mana kinerja sumber saya manusia (SDM) menjadi faktor kunci keberhasilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji layanan bimbingan karir dalam meningkatkan motivasi kerja karyawan, khususnya di kantor cabang J&T Express Pak Benceng Pontianak. Berdasarkan observasi dan wawancara, ditemukan rendahnya motivasi kerja disebabkan oleh ketidak jelaskan arah karir, minimnya pelatihan, serta kurang perhatian terhadap pengembangan diri karyawan. Melalui 2 siklus tindakan yang mencakup empat sesi bimbingan karir, diperoleh peningkatan signifikan pada berbagai aspek motivasi kerja, seperti motivasi intrinsik (44% menjadi 89%), motivasi ekstrinsik (42% menjadi 91%), komitmen terhadap tugas (39% menjadi 99%) dan aspek lainnya. Hasil ini menunjukan bahwa bimbingan karir efektif dalam meningkatkan pemahaman karyawan terhadap jenjang karir menumbuhkan rasa percaya diri dan memperkuat loyalitas terhadap perusahaan

Kata Kunci


Motivasi kerja karyawan J&T express, layanan bimbingan karir

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angelina, Putri, R. (2020). Program Bimbingan dan Konseling Karir untuk Menekan Angka Pengangguran. Jurnal IBI Darmajaya, 1, 168–174.

Anjani, M. (2022). Peran Perencanaan Karir bagi Generasi Milenial di Era Revolusi Industri 4.0. 21.

Anjani, R. (2021). Analisis Hubungan Pengembangan Karir dan Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Tugu Reasuransi Indonesia.

Aszahra, V. S., Arifin, N., Fauziyah, M., Khodiyah, S., Nur, J., Syafitri, A., Masyhuriah, N. L., Haliq, F., & Widjaja, T. B. (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Peningkatan Etika Pergaulan Teman Sebaya Siswa di SMAN 7. 22(12), 243–253.

Dawis, A. M., Meylani, Y., Heryana, N., Alfathoni, M. A. M., Sriwahyuni, E., Ristiyana, R., Januarsi, Y., Wiratmo, P. A., Dasman, S., Mulyani, S., Agit, A., Shoffa, S., & Baali, Y. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian.

Fadillah, M., Nurbalqis, A., & Agustina, L. (2022). Pengaruh Konten Digital Terhadap Generasi Z Dalam Pemanfaatan Media Sosial Dan Digital Native Di Kota Tanjungpinang. Al YAZIDIY: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 1–11.

Handoko, S. D., Wibowo, N. M., & Hartati, C. S. (2021). Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepemimpinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja. Jurnal EMA, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.47335/ema.v6i1.61

Hartono, H., Mudhar, M., Muwakhidah, M., Pravesti, C. A., & Mufidah, E. F. (2022). Pelatihan Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Minat Penelitian Guru Bimbingan Dan Konseling. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 690–700. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1875

Heru Asri Subekti. (2018). Entrepreneurship didefinisikan sebagai orang yang memulai menjalankan dan mengembangkan usaha dengan cara memanfaatkan segala kemampuan dalam membeli bahan baku dan sumber daya yang diperlukan, membuat produk dengan nilai tambah yang sesuai dengan kebutuh.

Hidayah, N., & Pratama, D. P. A. (2025). Pengaruh Faktor Strategisterhadap Kinerja UMKM Jawa Timur dalam Perspektif Hirarki Kebutuhan Organisasi Maslow. 4(1), 130–147.

Kasmiah. (2019). Target Settings in the Team: Clarity of Goals and Performance Teams in the Public Sector. Meraja Journal, 2(3), 41–51.

Krisdayanti, H., & Maryatmi, A. S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dan Self Efficacy dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Psikologi UPI Y . A . I Dalam Masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Psikologi, 1(1), 1–13.

Nurul, F. D. (2021). Perencanaan Program Bimbingan Karir Dalam Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 7(1), 1–14.

Prasetya, S. G., Maria, M., & Maria, M. (2023). Strategi Pengembangan Bisnis Jasa Layanan Logistik J&T Express Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(1), 129–136. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i1.1565

Ria Kumara, A., & Lutfiyani, V. (2019). Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karir Siswa Smp. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.31316/g.couns.v1i2.46

Sawitri, D. R. (2022). Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Zulmedia, S., Alfansi, L., & Praningrum. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Kepemimpinan Otentik Terhadap Kinerja. Sjbm, 7(2), 299–317.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##