MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS VII C SMP N 01 SAMALANTAN
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Karakter Melalui Bimbingan Kelompok dengan Modeling pada Siswa Kelas VII C Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Samalantan Kabupaten Bengkayang.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan, dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Dan Konseling (PTBK). Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan teknik pengumpul data yaitu (1) Teknik observasi langsung, (2) Teknik komunikasi langsung, (3) Teknik komunikasi tidak langsung,sedangkan alat pengumpul datanya yaitu (1) Pedoman observasi, (2) Panduan wawancara, dan (3) Angket (4) Dokumentasi. Penelitian dilakukan dikelasVII C di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Samalantan Kabupaten Bengkayang dengan jumlah subyek penelitian 8 orang siswa. Hasil pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat meningkatkan pemahaman pendidikan karakter pada siswa kelas VII C di SMP Negeri 01 Samalantan Kabupaten Bengkayang dengan presentase rata-rata 72% (Tinggi).
Kata Kunci :pendidikan karakter ,layanan bimbingan kelompok, teknik modeling.
Teks Lengkap:
Download PDF (English)Referensi
Amin, Maswardi Muhammad. (2011) Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media Jakarta.
A.Koesoema, Doni. (2010). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo
Astiasari Rina,(2015).Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Peningkatan Karakter Toleransi. Jurnal Bimbingan Kelompok .Vol 4 No.2
Citra,Yulia .(2012) Pelaksanan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.Jurnal
SLB Negeri 2 Padang : 240
Dede & Aip.(2012) Pendidikan Tindakan dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Erford.(2015) Empat Puluh Teknik. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Giyono ( 2015)Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Media Akademik
Hartinah Sitti. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama
Harianto,Lukiputra. (2017) Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dapat Meningkatkan Motivasi Berprestsi Siswa.Pontianak :IKIP-PGRI Pontianak.
Kamaruzzaman (2016)Bimbingan dan Konseling. Pontianak: Pustaka Rumah Aloy.
Lickona, Thomas (2012)Persoalan Karakter. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Bandung: Bumi Aksara
Muslich, Masnur (2014)Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Nawawi Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Prayitno dkk (2017)Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Bogor. Ghalia Indonesia.
Prayitno. (2004)Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang
_______. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta
Romlah Tatiek. (2013). Teori dan praktek bimbingan kelommpok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ramadhani Ali Muhamad.(2014) Lingkungan Pendidikan dalam Implementas Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut : 28-37
Ratnasari Candra. (2013) Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Karakter. di MAN Yogyakarta II. (Skripsi )
Samani, M., & Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya
Salahudin Anas.(2013) Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: Pustakasetia
Saptono (2011) Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter.Yogyakarta : Penerbit Erlanga.
Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan : Pendidikan Kuantati, Kualitatiff, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sudrajat Ajat (2011) Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Fis Universitas Negeri Yogyakarta : 55-57
S.Rahman Hibana. (2003) Bimbingan dan Konseling Pola 17.Yogyakarta: Penerbit UCY Press.
Samani Muchlas (2011) Pendidikan Karakter. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Soedarsono,Soemarno (2009) Karakter Mengantar Anak Bangsa Menuju Terang, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sudarsono,(2010) Jati Diri Karakter dan Jati Diri Bangsa. Jakarta : Sekretaris Negara RI.
Sulistyarini dan Jauhar Mohamad. (2014). Dasar-dasar konseling. Jakarta: Prestasi Pustaka
Tohirin. (2007). Bimbingan Dan Konseling Disekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Willis, Sofyan S. (2004). Konseling Individual teori dan praktek. Bandung: Alfabeta
Winkel dan Hastuti, Sri. (2005) Bimbingan dan Konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi
Zulfadrial. 2012. Penelitian Kuantitaif. Yogyakarta: Media Prakarsa.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zaini, A. H. F. (2013). Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami. Bandung: Gunung Djati Press.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##