ANALISIS KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA

Fitri Andriani, Martin ., Tri Mega Ralasari

Sari


Penelitian ini bertujuan menganalisis Kejenuhan Belajar siswa kelas VIII, Metode yang di gunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang menggambarkan keadaan subjek dan objek penelitian saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak, teknik pengumpulan data yaitu komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung, alat pengumpul data yaitu skala psikologis, dan panduan wawancara/interview, dan studi dokumenter, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, B, C,  dengan jumlah  131 orang siswa, dan  sampel 36 orang siswa. Data yang telah terkumpul di susun dan di gambarkan secara objektif dalam bentuk narasi, diperoleh presentase rata-rata  70,31% dengan kategori “Tinggi” hal ini menunjukan kejenuhan belajar sangat signifikan dengan nilai perkembangan pendidikan siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, sesuai aspek kelelahan emosional, aspek kelelahan fisik, aspek kelelahan kognitif, aspek kehilangan motivasi.

Kata Kunci: Kejenuhan Belajar Siswa

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Abu Ahmadi, Haji. Widodo Supriyono “Psikologi Belajar” Jakarta, Rineka Belajar (Burnout). Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Diterbitkan.

Brunk, D. (2006). How to fight burnout. Journal of Collage Development. Diakses dari http. // findarticles.com./p/articles/mi. Diakses 25/5/2015. Pukul 09.25 WIB

Edi Sutarjo, Dewi Arum WMP, & Ni.Kt Suami. (2014). Efektifitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurunkan Burnout Belajar pada siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Diakses dari http;//ejournal. Undiksha. Ac. Id/index.php/JJBK/article/download/3740/2995. Pada tanggal 23 Febuari, jam 00.59 WIB.

Ejournal. Radenintan.ac.id/index.php/konseli/article/view/572Firmansyah, R. (2012). Efektivitas Teknik Self Instruction Untuk Meredukasi Gejala Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi Jurusan PPB-FIP UPL.

Furchan, arief. 2011. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka.

Hartini, Sri, dkk. 2008. Psikologi Pendidikan. Surakarta: BP FKIP UMSHulu, Pontianak.

Kamaruzzaman. 2016 “Bimbingan dan Konseling” Pustaka rumah aloy Tanjung Kejenuhan Belajar Siswa. Skripsi Jurusan PPB-FIP UPI.

Khairani Mahmun, 2014 “Psikologi Konseling” CV ASWAJ PRESSINDO V/73, Minomartati, Sleman Jogyakarta,Kompetensi Pribadi Sosial Bagi Siswa SMA yang Mengalami Kejenuhan Belajar.

Kurnanto Edi “Konseling kelompok” Albertina cv. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKPI).

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.

Sukmadinata Nana Syaodih. “2010 Metedologi Pendidikan” PT Remaja Rosdakarya.

Suwarjo & Diana Septi Purnama. (2014). Model Bimbingan Pengembangan Kompetensi Pribadi Sosial Bagi Siswa SMA yang Mengalami Kejenuhan Belajar (Burnout). Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Diterbitkan.

Ulfiani Rahman. (2007). Mengenal Burnout Pada Guru. Jurnal Lentera Pendidikan Edisi X No. 2.

Wawasanbk.blogspot.com/2012/10/penggunaan-teknik-self

Yah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: remaja rosda karya.

Zuldafrial. (2009). Pendekatan penelitian dan teknik penulisan karya ilmiah. Pontianak : Pustaka Abuya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##