PROFIL MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 8 PONTIANAK

Ulya Rahmaniah, Ameliya Atika, Hendrik .

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana kondisi objektif mengenai profil motivasi belajar siswa saat mengikuti pembelajaran daring di Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan wawancara dan Skala Psikologi dibagikan menggunakan GoogleForm agar mudah akses siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa Kelas XI MIPA dan pengelompokkan perempuan dan laki-laki secara keseluruhan masuk kedalam kategori “Cukup” dengan rentang persentase sebesar 60,41%- 64, 47%.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Bertha Jedia (2014). “Analisis Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Koperasi Pontianak”. Skripsi S1 IKIP-PGRI Pontianak: tidak diterbitkan

Dede Rahmat Hidayat dan Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Indeks

Hamid Darmadi. (2014). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Pilkington, O. A. (2018). Active Learning for an Online Composition Classroom : Blogging as an Enhancement of Online Curriculum. Journal of Educational Technology Systems, 47(2), 1–14. https://doi.org/10.1177/0047239518788278.

Sardiman. A.M (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers

Sunyoto Danang dan Burhanudin (2011) . Perilaku Organisasional. Jakarta. CAPS

Yani F, Irfan F, Mia Z (2020) Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19 Jurnal : Universitas Kuningan

Zuldafrial. (2009). Pendekatan Penelitian dan teknik Penulisan Karya Ilmiah. Pontianak: Pustaka Budaya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##