STUDI KASUS SISWA YANG LAMBAN DALAM BELAJAR (SLOW LEARNER) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 18 PONTIANAK

Mutia Tita Dwi Safitri, Rustam M.Pd, Novi Andriati

Sari


Banyak faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang siswa yakni. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang yakni faktor internal dan External Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Karakteristik siswa yang lamban dalam belajar (Slow Learner) pada siswa di masa pandemi Covid-19 Sekolah Dasar Negeri 18 Pontianak Motode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri 18 Pontianak berjenis kelamin perempuan. Data penelitian ini menggunkan data primer dan sekunder berupa hasil wawancara,,nilai rapot dan hasil latihan pengulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat karakteristik siswa lamban belajar yang di pengaruhi oleh Inteligensi dan bahasa mau pun faktor penyebab siswa lamban belajar terdiri dari Faktor prenatal (Sebelum lahir) Faktor natal (Proses kelahiran) Faktor postnatal (Sesudah lahir) ada pun hasil dari Upaya bantuan yang diberikan dengan menggunkan pendekatan behavioral dan dengan teknik behavioral rehearsal yakni teknik penggunaan pengulangan, dan teknik pekerjaan rumah dan terdapat hasil nya bahwa saja subjek kasus dapat di bimbingan dalam pelaksanaan teknik pengulanga  penulisan yang kurang huruf dan pekerjaan rumah berupa pengerjaan matematika yang diberikan kepada subjek kasus yang dimana matematika merupakan materi pembelajaran yang subjek kasus tidak sukai.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Corey, Gerald. (2013) .Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemah E. Koswara. Bandung. Refika Aditama.

Dyta, S. (2018). Perkembangan Anak Sekolah Dasar.

Efendi, Muchamad. Evaluasi Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Pangkah Kabupaten Tegal Masa Pandemi COVID-19. Diss. Universitas Pancasakti Tegal, 2021.

Nani Triani dan Amir. "Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar (Slow Learner)." Jakarta: Luxima (2013).

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Wahyuni, Amanah Dwi (2021). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Menggunakan Media E-Learning dI MIN 7 Ponorogo. Diss. IAIN.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##