UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN TENTANG TATA TERTIB SEKOLAH MELALUI LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SIMPANG HILIR KABUPATEN KAYONG UTARA

Ice ., Kamaruzaman M.Pd, Toni Elmansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk upaya meningkatkan kesadaran tentang tata tertib sekolah melalui layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara, Provisi Kalimantan Barat.Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu : teknik wawancara, observasi, angket. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi di SMP Negeri 3 Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara. Kesimpulan data dan kegiatan yang diperoleh  layanan konseling kelompok adalah layanan yang diberikan pada siswa untuk menyelesaikan masalah bersama dengan memanfaatkan dinamika kelompok dengan tujuan meningkatkan siswa dalam menyadari tata tertib di sekolah. Pelaksanaan layanan konseling kelompok pada siswa kelas VIII B di sekolah menengah pertama negeri 3 simpang hilir kabupaten kayong utara, pada tindakan ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Dengan tahap (1) tahap pembentukan, (2) tahap peralihan, (3) tahap kegiatan, (4) tahap pengakhiran.


Teks Lengkap:

Download PDF (English)

Referensi


Amin Muhammad Maswandi. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media

Arsyad Maf’ul & Irwansa. (2014). Analisis Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Pada Siswa di SMK Negeri 1 Makasar. Jurnal Penelitian.

Dovi Linwina. (2017). Layanan Informasi Tentang Bahaya Seks Bebas. Pontianak : IKIP-PGRI Pontianak.

Hidayat Rahmat Dede & Badrujaman Aip. (2012). Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Kamaruzzaman. (2016). Bimbingan dan Konseling. Pontianak : Pustaka Rumah Aloy.

Lestari Yana Widi. (2017). Analisis Pelanggaran Tata Tertib. Pontianak : IKIP-PGRI Pontianak.

Nawawi Hadari. (2014). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Pratiwi Indah Titin & Aftiani Hanif. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah SMAN 1 Kedungadem Bojonegoro. Jurnal BK UNESA

Prayitno, dkk. (2017). Layanan bimbingan kelompok & konseling kelompok. Bogor: Ghalia Indonesia

Purwanto Budi & Pratiwi Indah Titin. (2015). Asesmen Individu Teknik Non Tes. Surabaya: Unesa University Press

Purwanto Edy. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Semarang : Pustaka Pelajar.

Rahayu Dwi. (2015). Peningkatan Kesadaran Menaati Tata Tertib Sekolah Lelalui Layanan Konseling Informasi Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas XII IPS 4 SMA 1 Mejobo Kudus. UniversitasMuria Kudus.

Rifa’i M. (2011). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz. Media

Ruwikasari Yunisa. (2017). Upaya Meningkatkan kepatuhan terhadap Tata Tertib Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing. Pontianak: IKIP-PGRI Pontianak. (tidak diterbitkan)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatig dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tim Dosen IKIP-PGRI Pontianak. (2018). Pedoman Operasioanl, Pontianak: IKIP-PGRI Pontianak

Widiastuti Ratna, Rosra Muswardi & Pratiwi Dian. (2013). Penggunaan Layanan Konseling Kelompok dalam Mengurangi Pelanggaran Tata Tertib siswa Di Sekolah Smp N 3 Natar. Jurnal Penelitian

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Media Perkasa.

Mulyasa, (2015). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT Bumi Aksara

Nawawi Hadari. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Suryabrata Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sutoyo Anwar. (2012). Pemahaman Individu Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. Yogyakarta: Pusat Pelajar

Sukardi Ketut Dewa. (2012). Pengantar Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada

Ratini. (2018). Meningkatkan pemahaman pra nikah melalui layanan informasi yang tidak dipublikasikan. Pontianak : IKIP-PGRI Pontianak.

Steven J. Stein, and Book, Howard E, Ledakan EQ : 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Sukses, terj. Trinanda Rainy Januarsari dan Yudhi Murtanto, Kaifa, Bandung, (2003), hlm. 39


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##