PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IPS1 SMA NEGERI 2 SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU T.A. 2018/2019

Kornelia Kolumba, Suherdiyanto Suherdiyanto, Rina Rina

Sari


Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XI di SMA N 2 Sekayam, Kab. Sanggau. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui :(1) Penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange  pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Sekayam Kabupaten Sanggau.(2) Peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi setelah menerapkan Rotating Trio Exchange  pada mata pelajaran geografi di kelas XI IPS1 SMA Negeri 2 Sekayam  Kabupaten Sanggau.

Metode dan bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan atau  Action Research, bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dan lokasi penelitian adalah adalah siswa kelas XI IPS1 Di Sekolah Menengah Atas  Negeri 2 Sekayam  Kabupaten Sanggau yang mengalami rendah motivasi belajar. Teknik pengumpul data yang digunakan :teknik observasi langsung, komunikasi tidak langsung,studi dokumenter. Alat pengumpul data yang digunakan berupa: pedoman observasi, angket, dokumentasi.teknik analis data menggunkan rumus Mean untuk observasi guru dan siswa untuk angket menggunkan rumus Perentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitin, hasil siklus 1:observasi guru 66%, observasi siswa 64%, angke 66%. Siklus 2:observasi guru 82%,observasi siswa 82%, angket 86% bahwa penerapan model pembelajaran  Rotating Trio Exchange  untuk  meningkatkan  motivasi  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran geografi di kelas XI  IPS1 SMA Negeri 2 Sekayam  Kabupaten Sanggau  T.A. 2018/2019”dapat  meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan indikator pencapaian 75% yang di peroleh siswa yang berjumlah 29 siswa sebagai subjek penelitian.

 


Kata Kunci


Pembelajaran Rotating Trio Exchange,Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi, dkk (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, suharsimi.(2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta.

Arikunto, suharsimi.(2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning. Bandung:Alfabeta

Sardiman (2016). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Silberman, Melvin. (2009). Active Learning 101 Startegi Pembelajaran.Yappendis. Yogyakarta

Sanjaya, Wina. (2009). Strategis Pembelajaran Berorintasi Standar Proses Pendidikan:Jakarta.prenada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Zuldafrial, (2012). Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: media perkasa

Inawati Budiono (2013), berjudul “Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal matematika dan pembelajaran (mapan), Vol 1 No 1 ,desember (2013:110-112) ISSN 251-269.

Jumiyati ( 2018), berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Komputer Dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X EC SMK Negeri 1 Magelang”. Jurnal peluang, vol 3 no 2 september ( 2018), ISSN 2549886

Mei Ratna Sari (2013), berjudul “Pengaruh Strategi Rotating Trio Exchange Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal pendidikan sosial vol 1, no 2 april 2014. ISSN 1412-565

Ariin (2011). Penerapan Model Pembelajaran Aktif melalui Strategi Rotating Trio Exchange untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Aktivitas Belajar Siswa SMA Kelas X Semester II Pokok Bahasa Kalor .


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License