PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG
Sari
Tujuan umum penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh model learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh model learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. Sub masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model learning together pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. 2) Bagaimana rata-rata hasil belajar siswa sebelum diterapkan model learning together pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang. 3) Apakah terdapat pengaruh model learning together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau ledo Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Exsperimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran, teknik studi dokumenter dengan cara mengumpulkan melalui peninggalan tertulis, terutama berupa arsipan-arsipan dan termasuk berupa buku-buku tenyang pendapat, teori hukum-hukum dan lain-lain yang berhubungan dengan masalah pendidikan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah untuk menjawab sub masalah 1 dan 2 menggunakan rumus mean dan untuk menjawab sub masalah 3 menggunakan rumus Lilliefors, rumus uji Fisher dan rumus uji-t. Hasil penelitian secara umum dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan dengan penerapan model learning together terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sanggau Ledo yaitu dengan kategori baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Agung, Mulyo. 2008. Pengantar Ilmu Kebumian. Bandung: Pustaka Setia
Asep, Jihad & Abdul, Harris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo
Broto Subrdja. 2002. Cooperative Learning. Surabaya: Surabaya Press.
Buchori, Mochtar. 2006. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Ikip Muhammadiyah. Jakarta Press.
Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Bandung: Rineka Cipta.
Hadari Nawawi. 2003. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Gajahmada Universitas Press.
Hadari Nawawi. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabrta.
Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Press.
Muhammad Ridwan. 2015. Strategi Dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.
Nana, Sujana. 2005. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana, Sujana. 2010. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nana, Sujana. 2014. Penilaian Hasil Proses Pembelajaran Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Grafindopersada.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
GEO KHATULISTIWA is licensed under a
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License