ANALISIS SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA NEGERI 7 PONTIANAK Wegi Oct

Wegi Octavia Handayani, Ajun Purwanto, Ivan Veriansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 7 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari teknik komunikasi langsung, teknik komunikasi tidak langsung dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Sumber data yang diperoleh dari wawancara akan dianalisis dan dilampirkan dalam hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa seperti yang dikatakan kepala sekolah judulnya adalah sistem zonasi tetapi di dalamnya bukan hanya zonasi. Jalur itu, ada jalur zonasi, jalur prestasi, penegasan, dan mutasi perpindahan tugas orang tua. Jika Anda mendengar kata zonasi, itu dianggap sebagai pencapaian yang tidak berarti. Tapi sekarang sudah diperbaiki hanya 50% jalur zonasi. Dan guru mencontohkan PPDB berbasis zonasi di sana berdampak tidak hanya pada karakteristik anak didik yang diterima sekolah tetapi juga proses pembelajaran di kelas.

 


Kata Kunci


istem zonasi, PPDB

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Alwan, Hendri, M., & Darmaji. (2017). Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Jurnal EduFisika Vol. 02 No. 01, 30.

Helmizar. (2020). Studi Kasus Implementasi Kebijakan. Jakarta: Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara, Badan Keahlian, Sekretariat Jenderal DPR RI.

Juhaeti Yusuf, J., & Yetri. (2019). Himmah Spiritual sebagai Alternatif Penegakan Disiplin dalam Program Manajemen Peserta Didik. Lampung: Gre Publishing.

Mansyur, A. S. (2010). Panduan Penulisan Skripsi Teori dan Aplikasi. Bandung: Pustaka Setia.

Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Nurdin, I. (2017). Etika Pemerintahan. Lampung: Lintang Rasi Aksara Books.

Nurdin, I. (2019). Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Msc.

Prabowo, A. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (e-book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1-9.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1, 63,66.

Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Wulan, A. U., & dkk. (2017). Efektivitas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Melalui Sistem Penerimaan Peserta Didik Online. 4-5.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License