ANALISIS PEMANFAATAN SUNGAI SAMBAS SEBAGAI SARANA OBYEK WISATA DI KABUPATEN SAMBAS

Meta Nurlianti, Evil Eviliyanto, Ivan Veriansyah

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Analisis Pemanfaatan Sungai Sambas Sebagai Sarana Obyek Wisata yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriptif. Bentuk penelitian ini merupakan Deskriptif Kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh tentang realitas sosial dan berbagai fenomena-fenomena yang menjadi subjek penelitian, disini peneliti memberikan pertanyaan-pertanyaan terstruktur kemudian data di analisis secara kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, validasi data yang digunakan adalah Triangulasi Sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan sungai sambas sebagai sarana obyek wisata sangatlah di kembangkan oleh masyarakat setempat, sungai bisa juga dijadikan sebagai tempat mata pencaharian masyarakat setempat untuk tempat menangkap ikan dan penyewaan perahu untuk pengunjung memutari sungai sambas tersebut. Obyek wisata dermaga yang memiliki ruang lingkup yang sangat sempit ini sangatlah menarik pengunjung untuk datang ke obyek wisata dermaga, selain tempatnya yang sangat bagus, terdapat sunset pada sore hari dan bisa menikmati pemandangan yang indah di tepian sungai sambas.

 


Kata Kunci


Analisis, Pemanfaatan, Obyek Wisata Dermag

Teks Lengkap:

DOWNOAD PDF

Referensi


Muchlashin, A. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Bantaran Sungai Anak Brantas dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Pangan di Sidoarjo. Islamic Management and Empowerment Journal, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.18326/imej.v1i1. 1-20.

Pohan, D. A. S., Budiyono, B., & Syafrudin, S. (2017). Analisis Kualitas Air Sungai Guna Menentukan Peruntukan Ditinjau Dari Aspek Lingkungan. Jurnal Ilmu Lingkungan, 14(2), 63. https://doi.org/10.14710/jil.14.2.63- 71

Rian. (2012). Daerah Aliran Sungai. Jurnal Analisis, 32.

Sundari, N. (2014). Hubungan Perilaku Masyarakat dalam Memanfaatkan Air Sungai untuk Kebutuhan Mandi, Cuci, dan Kakus (MCK) di Desa Kuta Bate Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Geografi Nusantara, 4(4), 1–62.

Suryani, A. S. (2016). Persepsi Masyarakat Dalam Pemanfaatan Air Bersih ( Studi Kasus Masyarakat Pinggir Sungai Di Palembang ). Aspirasi, 7(1), 33–48.

Umum, K. P. (2019). Riset Kementerian Pekerjaan Umum. Kementerian Pekerjaan Umum, 4(4), 1–200.

Yogafanny, E. (2015). Pengaruh Aktifitas Warga di Sempadan Sungai terhadap Kualitas Air Sungai Winongo. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 7(1), 29–40. https://doi.org/10.20885/jstl.vol7.is s1.art3

Susana, T. (2003). Air Sebagai Sumber Kehidupan. Oseana, 28(3), 17–25. www.oseanografi.lipi.go.id

Permadi, L., Indrayanti, E., & Rochaddi, B. (2015). Studi Arus Pada Perairan Laut Di Sekitar Pltu Sumuradem Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. Jurnal Oseanografi, 4(2), 116387.

Yogafanny, E. (2015). Pengaruh Aktifitas Warga di Sempadan Sungai terhadap Kualitas Air Sungai Winongo. Jurnal Sains &Teknologi Lingkungan, 7(1), 29–40.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License