PENGELOLAAN OBJEK WISATA BERBASIS MASYARAKAT DI KAWAASAN GUNUNG AMBAWANG KECAMATAN KUBU

Sira Ummi, Dony Andasmoro, Dian Equanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang luas mengenai: Pengelolaan Objek Wisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Gunung Ambawang Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya, yang berkaitan dengan pengelolaan objek wisata berbasis masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan Metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Hasil temuan sebagai berikut: pengelolaan objek wisata Embung Puda belum terkelola dengan baik tanpa adanya campur tangan oleh mayarakat sekitar Desa Ambawang dan dari pihak Desa Ambawang. Kesimpulannya adalah bahwa pengelolaan objek wisata Embung Puda yang berada di Desa Ambawang belum terkelola dengan baik dan mayar akat sekitar belum menyadari pentingnya pengelolaan objek wisata yang ada di Desa Ambawang khususnya objek wisata Embung Puda.

 

 


Kata Kunci


Wisata Berbasis Masyarakat

Teks Lengkap:

DOWNLOAD PDF

Referensi


Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Aulia, Ikrimah. Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dalam Mengelola dan Memelihara Ekosistem Mangrove di Kabupaten Bulukumba. Diss. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2018.

Hasanah, Muizatul. "Pengelolaan pariwisata alam berbasis masyarakat." Makassar: Sosiologi FISIP Unhas (2017).

Ibrahim, Dr. "Penelitian kualitatif." Journal Equilibrium 5 (2015): 1-8.

Natalia, Dewi, Yuliana Yuliana, and Heru Pramudia. "DAYA TARIK TAMAN WISATA AROMA PECCO KAYU ARO KABUPATEN KERINCI." Journal of Home Economics and Tourism 15.2 (2021).

Safitri, Widi. "Tata Kelola Kepariwisataan Berbasis Masyarakat Di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara." Skripsi. Fakultas Sosial Dan Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Muhammadiah Makassar (2019).

Susfenti, N. Erna Marlia. "Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism-Cbt) Di Desa Sukajadi Kecamatan Carita." Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam 2.1 (2016): 75-86.

Sutarso, Abdullah, Budiman Tampubolon, and Putri Tipa Anasih. "ANALISIS KELAYAKAN POTENSI OBJEK WISATA KAWASAN GUNUNG AMBAWANG MENUJU DESA WISATA BERBASIS MASYARAKAT." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 9.7.

Tumija, Tumija. "PENGELOLAAN OBJEK WISATA PANTAI OLEH DINAS PARIWISATA KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN BLITAR PROVINSI JAWA TIMUR." JEKP (Jurnal Ekonomi dan Keuangan Publik) (2022): 23-39.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License