DESAIN PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATTEKNOLOGI INFORMASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

NIA DANIATI, Abdul Wahab

Sari


Desain pembelajaran PAI di SDN 11 Nanga Pinoh, SMPN 1 Nanga Pinoh, dan SMAN 1 Belimbing berdasarkan analisi yang dilakukan pada hasil dokumentasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. RPP yang dibuat oleh guru sudah memperhatikan Edaran Kemdikbud No 14 Tahun 2019, dan juga yang telah diatur dalam Permendikbud No. 22 tahun 2016. Kendati demikian, ditemukan bahwa RPP yang telah dibuat oleh guru PAI masih menunjukan bahwa proses pembelajaran, sangat kurang sekali memanfaatkan Teknologi Informasi. Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih menggunakan paradigma desain pembelajaran lama dalam penyelenggaraan pembelajaran PAI di SDN 11 Nanga Pinoh, SMPN 1 Nanga Pinoh, dan SMAN 1 Belimbing, ataupun yang sering disebut desain pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi permasalahan ini, bisa melakukan pengembangan pada desain pembelajaran PAI, atau tepatnya mendesain ulang RPP dengan berdasarkan paradigma desain model pembelajaran ASSURE merupakan salah satu model yang dapat menuntun pembelajar secara sistematis untuk merencanakan proses pembelajaran secara efektif. Khususnya pada kegitan pembelajaran yang menggunakan media dan teknologi. Model ini dikembangkan untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang efektif dan efisien. Sepertihalnya dalam penyampaian materi, pemberian tugas, penilaian, dan evaluasi.

 

 


Kata Kunci


KATA KUNCI : Desain Pembelajaran, PAI, TI, ASSURE.

Teks Lengkap:

download PDF

Referensi


Achmadi, Heri. Suharno & Nunuk Suryani. 2014. Penerapan Model Assure dengan Menggunakan Media Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Man Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, hlm. 35-48.

Ardhana, and YM Kusuma. 2013. Pemrograman PHP: Codeigniter Black Box. Jakarta: Jasakom.

Diknas. 2015. Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMU” dalam Maksudin, Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Gagne. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Herlina. 2006. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Ishaq. 2018. Desain Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer. JPF, Edisi I, Volume I hal 84.

Maksudin. 2015. Pengembangan Metodologi Pendidikan Agama Islam Pendekatan Dialektik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mujtaba, Imam. Dindin Rosyidin, dan Andriyani. 2021. Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mempertahankan Student Wellbeing’s Kelas 2 SD Lab School FIP UMJ. Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD, Volume V, No. 1.

Muhaimin. 2004. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Sistem Informasi Dan Inmplementasinya : Teori Dan Konsep Sistem Informasi Disertai Berbagai Contoh Praktiknya Perangkat Lunak Oper Source. Bandung : Informatika.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rohmadiyanto, Eko. Manfaat Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. https://www.kompasiana.com/ekorohmadiyanto1878/605719f88ede4842fc324562/pembelajaran-berbasis-teknologi-informasi-it. (diakses tanggal 08 Oktober 2022, pukul 17:55).

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Smaldino, Heinich, Molenda, Russell. 2005. Instructional technology and media for learning 8th edition. New Jersey: Pearson Merrill Prentice Hall.

Sudarsono, Blasius. 2009. Pustakawan Cinta Dan Teknologi. Jakarta : Ikatan Sarjan Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Indonesia.

Suyanto. 2020. Desain Pembelajaran Menggunakan Teknologi Informasi Dengan Pendekatan Konstruktivistik Blended Learning. Geography Science Education Journal (GEOSEE) Volume 1, Nomor 2, hal. 65.

Suwanto, Sri. 2003. Teknologi Informasi untuk perpustakaan dan pusat dokumentasi dan informasi. Makalah Seminar Diklat Teknis Perpustakaan dan Informasi Semarang: Fakultas Ilmu Budaya UNDIP.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pebelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

UU RI No 11 Tahun 2008. 2010. Informasi Dan Transaksi Elektronik. Jakarta: Sinar Grafika.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran enuju Pencapaian Kompetensi. Ar Ruzz Media, Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License