ANALISIS KESULITAN BELAJAR DIKALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS (ILMU PENDIDIKAN SOSIAL)

Ari Rahmawati, Eti Sunarsih, Mertika Mertika

Sari


Abstrak

Proses atau upaya yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku, baik dalam bentuk pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai positif sebagai suatu pengalaman dari berbagai materi yang telah dipelajari. Namun proses tidak selalu berjalan lancar, terkadang terdapat hambatan dan kesulitan dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kalangan sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ,deskriptif dalam menjabarkan data yang diperoleh. Responden yang terlibat dalam penelitan ini diberi inisial A1, B1, C1, D1, dan E1 yang mewakili representasi dari para siswa. Hasil analisis penelitian melalui trianggulasi diperoleh bahwa siswa dengan inisial A1, B1, C1, D1, E1 ini memang benar mengalami kesulitan belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kesulitan belajar dapat penghambat dalam belajar karena waktu yang singkat sehingga siswa yang dengan jumlahwaktu yang telah ditentukan yang menyebabkan siswa sulit untuk mencerna pelajaran.


Kata Kunci


Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Siswa, Sekolah Dasar, IPS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian:2 Suatu Pendekatan Praktif. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. Pengantar pendidikan era globalisasi . Tangerang: Lembaga literasi Dayak(LLD). 2019.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

J, Erifka. T, Maksun. (2019). Kesulitan Belajar dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa MA Ihyaul Ulum Wedarijaksa. Pati.

Nurani, Gita Candra, Gd. Meter, Negara Gst. Agung Oka. (2015). Analisis Kesulitan Kesulitan Belajar IPS Siswa Kelas Iv Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Piloting Se Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3 No. 1 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/5129/3871

Utami, AT. Mulyono, H. Istiysti, S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar dalam Mata Pelajaran IPS Pada Peserta Didik Kelas IV Di Sekolah Dasar. https://docplayer.info/205298982 Analisis-kesulitan-belajar-dalam-mata-pelajaran-ips-pada-peserta-didik-kelas-iv-di sekolah-dasar.html

Moleong, L. J (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja.

Sagala, Saiful. (2010). SupervisiPembelajarandalamProfesiPendidikan. Bandung: Alfabeta. SupervisiPembelajarandalamProfesiPendidikan. Bandung: Alfabeta.

(Jenis: buku author sama dengan penerbit)

American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Association (6 ed.). Washington, DC: Author.

(Jenis: e-book)

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school Retrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/ how-people-learn-brain-mind- experience-and-school-expanded- edition

(Jenis: hukum perundangan di LN)

Child Protection Act 1999 (Qld), s.5

(Jenis: artikel jurnal dengan lebih dari 6 pengarang)

Fuchs, L. S., Fuchs, D., Kazdan, S., Karns,

K., Calhoon, M. B., Hamlett, C. L., & Hewlett, S. (2000). Effects of workgroup structure and size on student productivity during collaborative work on complex tasks. The Elementary School Journal, 100(3), 183-212. doi: 10.2307/1002151

(Jenis: artikel jurnal dengan kurang dari 6 pengarang)

Janssen, J., Kirschner, F., Erkens, G., Kirschner, P. A., & Paas, F. (2010). Making the black box of collaborative learning transparent: Combining process-oriented and cognitive load approaches. Educational Psychology Review, 22(2), 139-154. doi:

1007/s10648-010-9131-x

(Jenis

aran sastra remaja. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 382-393. doi:

21831/cp.v3i3.1626

(Jenis: dokumen buku

Purdue Online Writing Lab. (27/03/2015). APA Style. Reference list: Electronic sources (web publications). Retrieved 12 March, 2017, from

https://owl.english.purdue.edu/owl/ resource/560/10/

(Jenis: prosiding)

Retnowati, E. (2012, 24-27 November). Learning mathematics collaboratively or individually. Paper presented at the The 2nd International Conferen


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License