UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI FLASH PADA MATERI HIDROSFER DI KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGAI KAKAP

Ihsan Nurhakim, Siti Ulan Dari, Rosanti Rosanti

Sari


Abstrak

Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Pembelakaran Presentasi Flash Pada Materihidrosfer Di Kelas X SMA Negeri 2 Sungai Kakap”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tindakan menggunkan media presentasi flash pada materi hidrosfer di kelas X SMA Negeri 2 Sungai Kakap. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas, sedangkan jenis penelitian ini adalah tindakan kolaboratif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Sungai Kakap kelas X IPS 3 dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pengukuran dan dokumentasi, dengan istrumen pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes hasil belajar serta alat dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada pelaksanaan  proses pembelajaran berjalan dengan maksimal dan sesuai dengan komponennya. Hasil keterlaksanaan pembelajaran pada lembar observasi guru pada siklus I aktifitas pembelajaran yang dilakukan guru dapat terlaksana dari nilai maksimal 4 rata-rata yang terlaksana hanya sebanyak 2,42 dengan kategori kurang. Dari hasil lembar observasi pada siklus II diperoleh skor 3,2 dengan kategori baik. 2) Pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran presentasi flash menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sedangkan pada siklus I yang memperoleh nilai dibawah ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan rata-rata 68 dengan presentase 45% dari 33 siswa. siklus II siswa yang mendapatkan nilai atas 75 sebanyak 27 orang siswa dengan nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat mengetahui ketuntasan hasil belajar dari siklus I dan siklus II sudah mengalami peningkatan dan sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.


Kata Kunci


Kata Kunci: Upaya, Hasil Belajar Siswa, dan Media Flash

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abi Mustofa Hamid, Rahmi Ramadhani, Masrul Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif jamaludin, Janner Simarmata. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita menulis.

Aji, & Suparman. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Pokok Bahasan Internet Pada Mata Pelajaran Tik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa Sma N 6 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Informatika, 1(2013), 5–9.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PR Rineka Cipta.

Arsyad Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Astuti Mardiah. (2022). Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Dwiana, A. A., Samosir, A., Sari, N. T., Awalia, N., Budiyono, A., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 499–505. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1669

Dikse, I Wayan. (2010). AnimasiDengan Flash 8. Denpasar: GrahaIlmu.

Elis Ratnawulan & Rusdiana. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Febriana Rina. (2019). Evaluasi Pembalajaran. Jakarta: Bumi Askara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Harahap, L. K., & Siregar, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Kesetimbangan Kimia. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1910. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1910-1924

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Hujair AH Sanaky. (2015). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Ilyas Ismal Muhammad. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Ismawati, Esti. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

GEO KHATULISTIWA is licensed under a 
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

Creative Commons License